Cara Mudah Dan Efektif Dalam Mengontrol Penyakit Diabetes Melitus

Kita semua tahu bahwa penyakit diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang belum bisa disembuhkan hingga kini. Dimana kita hanya bisa mengontrol gejala dari penyakit ini agar tidak menjadi lebih buruk. Tentu saja dengan kondisi tersebut, hidup dengan diabetes tidaklah mudah, karena kita dihadapkan dengan berbagai tantangan dan komplikasi kesehatan serius. Dari yang ringan sampai yang berat.
Diabetes melitus sendiri adalah suatu kondisi di mana produksi insulin tubuh tidak normal dan tidak dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh, sehingga menimbulkan gejala yang tidak diinginkan. Dimana gejala mencakup tingkat gula darah yang tinggi, penurunan berat badan, peningkatkan produksi urin, sistem kekebalan tubuh melemah, penglihatan kabur, kelaparan konstan, mati rasa pada kaki, dll. Kadang-kadang, jika gejala diabetes tidak diobati, dapat menyebabkan kondisi yang fatal seperti gagal jantung bahkan berujung kematian!

Jadi, sangat penting bagi penderita diabetes untuk mempertahankan gaya hidup sehat dan mengikuti semua saran  yang disarankan oleh dokter kepercayaan mereka. Berikut adalah cara mudah dan efektif dalam mengontrol penyakit diabetes melitus (kencing manis):
Cara Pertama: Diet.
Diet adalah hal yang paling penting bagi penderita diabetes, jika mereka ingin mengontrol gula darah mereka. Makan bersih, menghindari lemak jenuh dan gula, memilih roti gandum dibanding nasi, memakan sayur- sayuran dan buah-buahan. Tapi, ingat jangan sampai Anda diet yang terlalu keras apalagi sampai mengabaikan makan, karena jika itu Anda lakukan maka bukannya sembuh dari kencing manis yang ada Anda bisa mengalami gangguan kesadaran akibat hipoglikemia (kekurangan gula darah dalam tubuh).

Cara kedua: Tinggalkan gaya hidup tidak sehat
Tinggal jauh kebiasaan merokok dan minum alkohol. Hal ini dikarenakan adanya zat beracun dari kedua bahan tersebut
Cara Ketiga: Atur pola makan Anda
Cobalah untuk makan-makanan sehat tapi dalam dalam porsi kecil secara berkala. Melakukan hal ini akan menjaga pola  makan Anda  secara teratur dan membuat Anda merasa lebih kenyang untuk waktu yang lama, dengan demikian menjaga kadar gula darah Anda pada tingkat yang stabil.
Cara Keempat: Kontrol gula darah dan tekanan Anda
Pastikan Anda memeriksa tekanan darah dan kadar gula darah secara teratur, baik di rumah atau dengan mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Dengan melakukan hal tersebut maka Anda dapat menghindarkan diri Anda dari berbagai komplikasi akibat peningkatan tekanan darah dan gula darah.
Cara Kelima: Membuat catatan
Mencatat berapa banyak karbohidrat dan gula yang Anda konsumsi dalam sehari. Dimana mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat dan gula dapat meningkatkan kadar gula darah Anda.
Cara keenam: rutin berolahraga
Rutin berolahraga seperti latihan setiap hari, yang mana jika dilakukan secara rutin akan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah dalam kondisi stabil serta menjaga agar trigliserida lebih rendah.
Cara ketujuh: Hindari stres

Jika Anda sedang stres, pastikan bahwa Anda mengambil langkah-langkah untuk meringankan stres dan kecemasan Anda, seperti: yoga, meditasi, konseling, berdoa dll.

Subscribe to receive free email updates: