Delapan Alasan Mengapa Anda Tidak Bisa Tidur Di Malam Hari

"Mengapa saya tidak dapat tidur di malam hari?", pertanyaan ini kerap kita dengar ketika seseorang susah untuk tertidur di malam hari. Berbagai usaha dilakukan agar dapat tidur dengan nyenyak, seperti: mematikan lampu kamar, menjauhkan barang elektronik dari tubuh sampai meminum obat! Tapi, usaha itu ternyata gagal! Apa penyebabnya? Penyebabnya tidak lain tidak bukan karena kita sendiri tidak menganalisa penyebab tidak bisa tidur.
Bisa jadi Anda tidak tertidur dikarenakan stres karena memikirkan utang yang belum terbayar, anak yang belum pulang atau alasan lain. Semisal Anda tahu penyebab Anda tidak bisa tidur di malam hari, kemungkinan besar Anda bisa langsung mengatasi masalah tidur tersebut.

Berikut alasan mengapa Anda tidak bisa tidur di Malam hari:
1.     Nyeri: Mengapa Anda tidak bisa tidur di malam hari? Mungkin penyebabnya adalah: Nyeri. Dimana nyeri ini dapat berupa sakit kepala, nyeri otot atau nyeri sendi yang membuat Anda susah tidur dimalam hari. Jika nyeri datang ada baiknya diatasi dengan teknik relaksasi nafas dalam, bisa juga dengan pemijitan area yang nyeri atau bisa juga dengan mengkomsumsi obat anti nyeri yang telah mendapat persetujuan dokter pilihan Anda.

2.    Sleep Apnea: Ini adalah salah satu alasan penting mengapa Anda tidak bisa tidur di malam hari. Sleep apnea adalah gangguan pernapasan saat tidur. Gangguan kesehatan ini mempengaruhi banyak orang, terutama wanita hamil. Jangan pernah melakukan pengobatan sendiri untuk ini.
3.    Menopause: Menurut penelitian medis, perempuan yang menopause kualitas tidurnya rendah dibandingkan wanita yang masih subur. Jadi, mereka menghabiskan beberapa malam tanpa tidur setiap minggunya.
4.    Infeksi saluran kemih: Apa alasan lain mengapa Anda tidak bisa tidur di malam hari? Infeksi pada kelenjar kemih  adalah penyebab selanjutnya. Dimana dengan menderita penyakit ini, Anda bisa merasakan sakit dan lebih sering  buang air kecil sehingga membuat Anda terjaga sepanjang malam.
5.    Asma: Salah satu alasan terbesar mengapa tidur malam Anda terganggu. Jika Anda memiliki asma kronis, Anda akan mengalami masalah pernapasan, yang membuat Anda terjaga. Pola pernapasan abnormal mengganggu tidur Anda dan Anda akan  mengantuk dan lelah sepanjang hari.
6.    Restless Legs: Jutaan orang menderita sindrom ini. Ini adalah kondisi di mana seseorang merasa sensasi nyeri di kakinya, yang bisa mengganggu tidurnya. Orang dengan penyakit ini akan merasakan mati rasa, nyeri, sekejap, tersentak dan bahkan sensasi terbakar di kaki mereka.
7.    Diabetes: Seseorang dengan diabetes mungkin tidak memiliki tidur yang damai karena fluktuasi tingkat gula darah mereka, keringat malam dan sering buang air kecil. Selalu menjaga tingkat gula darah di bawah kontrol untuk menyingkirkan masalah tidur ini.

8.    Penyakit Kardiovaskular: Dengan penyakit arteri koroner, irama sirkadian dapat berfluktuasi dan menyebabkan nyeri dada dan detak jantung tidak teratur. Semua ini dapat menyebabkan tidur terganggu. Gagal jantung kongestif juga membuat Anda terjaga, karena jantung Anda tidak dapat memompa cukup darah ke tubuh saat Anda tidur.

Subscribe to receive free email updates: