Delapan Cara Mudah Menumbuhkan Dan Meningkatkan Kreativitas Anak Anda

Bagaimana caranya menumbuhkan kreativitas anak? Pada dasarnya potensi kreativitas anak sudah ada sejak lahir. Oleh karena itu orang tua dan gurulah yang harus memastikan potensi mereka agar berkembang secara optimal. Konon, daya kreatif inilah yang menentukan kemampuan seseorang kelak untuk meraih kesuksesan.
Berikut cara mudah dan efektif dalam mengembangkan potensi terpendam anak, sehingga kreativitas anak bisa tumbuh dan berkembang:

Cara pertama: bebaskan anak untuk berimajinasi, lalu tuntun ia agar mengekspresikannya. Bisa melalui, gambar, cerita lisan, gerakan, lagu maupun melalui tulisan. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah pandanglah secara positif daya imajinasi anak Anda. jika boleh mengandaikan, jika kreativitas adalah ikan maka daya imajinasi adalah airnya.
Cara kedua: jika anak sedang menggunakan imajinasinya, sebaiknya hindari melabeli anak dengan kata-kata negatif, seperti: pemimpi, suka mengada-ada, dan sebagainya.

Cara ketiga: jawablah setiap pertanyaan dengan lugas untuk memuaskan keingintahuan anak Anda.
Cara keempat: dalam mengikuti lomba, hindari menargetkan anak untuk menjadi juara, karena pada dasarnya kreativitas membutuhkan kekebasan psikologis, yang artinya hanya berkarya mengikuti dorongan hati.
Cara kelima: dalam memilih mainan, sebaiknya pilih mainan yang menantang untuk berkreasi, bukan sekaradar menikmati barang yang sudah jadi.
Cara keenam: sebaiknya untuk menggali kreativitas anak dekatkan ia dengan karya seni, bisa berupa musik, drama, lukisan ataupun karya seni lainnya.
Cara ketujuh: langkah selanjutnya adalah dekatkan anak dengan alam, seperti: pantai, gunung, hutan. Karena alam adalah karya seni yang paling agung.

Cara kedelapan: walaupun karya seni anak Anda jelek, tetap hargai dan pujilah produk kreativitas anak Anda. Baca Juga: Cara Terbaik Menghilangkan Sifat Pelupa Anda
Loading...

Subscribe to receive free email updates: