Fakta Dan Mitos Seputar Penyakit Kanker

Beberapa percaya bahwa penyakit kanker tidak dapat disembuhkan, beberapa yang lain berpikir bahwa penyakit ini menular dan banyak yang merasa penyakit kanker ini disebabkan makanan yang berpengawet. Lalu, benarkah pernyataan di atas? Atau ada yang hanya mitos?
Beriku fakta dan mitos perihal penyakit Kanker yang merupakan penyakit menakutkan nan mematikan:
Mitos Kanker Pertama:
Orang dengan kanker tidak boleh makan gula, karena dapat menyebabkan sel kanker tumbuh lebih cepat.
Faktanya: Gula tidak membuat sel-sel kanker tumbuh lebih cepat. Semua sel, termasuk sel-sel kanker, bergantung pada gula darah (glukosa) untuk energi. Tetapi memberikan lebih banyak gula untuk sel-sel kanker tidak mempercepat pertumbuhan mereka. Demikian juga, gula tidak memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Mitos Kanker Kedua:
Kanker adalah kematian.

Faktanya: Berapa lama pasien kanker akan hidup dan apakah dia akan mati dari penyakit ini tergantung pada banyak faktor: termasuk jenis kanker, apakah itu lambat atau cepat tumbuh, berapa banyak kanker telah menyebar di dalam tubuh, apakah pengobatan yang efektif tersedia, dan yang paling penting bagaimana awal deteksi dan intervensi medis yang telah dilakukan.
Mitos kanker ketiga:
Penggunaan wadah plastik yang dimasukkan ke microwave merupakan zat penyebab kanker ke dalam makanan.
Fakta: Dalam menanggapi ini ada dua jawaban yang berbeda: jika wadah plastik yang Anda gunakan berlabel aman untuk dimasukkan ke dalam microwave, maka itu tidak benar dengan kata lain wadah plastik tersebut bukan merupakan zat penyebab kanker dalam makanan.
Tapi, jika wadah plastik tidak aman (tidak adanya label aman) digunakan dalam memasak dalam microwave maka itu artinya wadah plastik tersebut kemungkinan besar merupakan zat penyebab kanker dalam makanan.
Dimana wadah plastik tersebut dapat mencair dan berpotensi bocor sehingga ‘menyebarkan’ bahan kimia ke dalam makanan Anda. Jadi, hindari menggunakan wadah  yang tidak pernah dimaksudkan untuk penggunaan microwave.
Untuk menghindari ini sebaiknya periksa alat makan Anda apakah aman untuk digunakan (bukan hanya dalam penggunaan mikrowave) atau tidak.
Mitos Kanker keempat : Menjalani pengobatan kanker berarti seseorang tidak dapat hidup normal atau bekerja.
Faktanya: Tujuan pertama dari setiap pengobatan kanker adalah untuk mencapai tingkat kesembuhan yang baik. Tujuan kedua adalah untuk membuat pasien hidup normal, diterima secara sosial dan produktif. Ada begitu banyak kasus di mana wanita setelah mendapatkan pengobatan dapat sembuh dari kanker dan dapat melahirkan bayi secara normal.
Mitos Kanker Kelima:
Pengobatan kanker itu menyakitkan.

Faktanya: Pengobatan kanker tidak menyakitkan seperti anggapan banyak orang. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kanker disebut obat kemoterapi. Pemberian kemoterapi sama sekali tidak menyakitkan. Hal ini diberikan seperti saline intravena. Target kemoterapi juga tidak memiliki efek samping besar. Bahkan jika obat memiliki efek samping seperti mual, muntah atau perubahan rasa, ada obat yang lebih baik tersedia saat ini untuk mengontrol dan mengurangi efek samping dari kemoterapi tersebut.

Subscribe to receive free email updates: