Inilah Alasan Mengapa Huruf A Merupakan Huruf Pertama Dalam Alfabet

Kita semua pasti sudah tahu kalau huruf pertama dalam Alfabet adalah huruf ‘A’. Tapi mungkin sebagian besar dari kita tidak tahu mengapa harus huruf A yang menjadi huruf pertama dalam Alfabet? Mengapa bukan huruf-huruf lain yang menjadi huruf pertama dalam Alfabet? Untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengapa huruf A adalah huruf pertama dalam Alfabet.
Menilik sejarahnya mengapa huruf A menjadi huruf pertama dalam alfabet adalah berdasarkan sejarah bangsa Yunani. Dimana pada saat itu awalnya Alfabet terdiri dari 24 huruf, dimana huruf pertamanya menyerupai banteng yang mana akhirnya menyerupai huruf A.

Berlanjut ke abad pertengahan alfabet latin disempurnakan dari 24 huruf menjadi 26 huruf seperti zaman sekarang. Pada abad pertengahan inilah huruf A menjadi huruf pertama dalam alfabet karena berasal dari kata Alfa yang dalam bahasa Yunani sendiri bermakna awal. Selain itu, dalam sistem bilangan Yunani, kata alfa juga mengandung arti satu yang sama saja halnya dengan permulaan bilangan.

Perlu diketahui juga huruf A merupakan huruf yang paling sering digunakan dalam bahasa Spanyol, Perancis kemudian disusul Inggris. Jika di Inggris penggunaan huruf A sebesar 3,68%, sedangkan Perancis menggunakan huruf A sebesar 3,95%, maka di Spanyol penggunaan huruf A mencapai 6,22%!

Itulah tadi alasan mengapa huruf A menjadi huruf pertama dalam alfabet. Semoga saja artikel ini mampu menjawab pertanyaan kita semua mengapa huruf A menjadi huruf pertama dalam alfabet. Baca Juga: Begini Cara Cerdas China Melindungi Satwa Langkanya.

Subscribe to receive free email updates: