Kebiasaan Sehari-hari Yang Dapat Membuat Pemakaian BBM Menjadi Boros

Terkadang tanpa kita sadari kita sering melakukan kebiasaan yang dapat memboroskan Bahan Bakar Minyak (BBM) sehari-harinya. Padahal kebiasaan yang dapat memboroskan mobil ini biasanya kebiasaan yang terbilang kecil tapi dampaknya cukup besar untuk pengeluaran bulanan kita.
Mau tahu apa saja kebiasaan sehari-hari kita yang dapat membuat pemakaian BBM menjadi boros? Berikut enam kebiasaan yang dapat memboroskan BBM:
1.   Terlalu lama memanaskan kendaraan: maksud hati mungkin baik, dimana tujuan memanaskan kendaraan ini adalah agar komponen-komponen menuai serta memiliki suhu yang sesuai dengan kerja mesin, bertujuan memberikan sirkulasi oli yang merata dalam kendaraan dan juga bermanfaat pada kelistrikan mobil dimana komponen kelistrikan mobil (aki, regulator dan alternator) memerlukan aliran listrik sebelum bekerja. Tapi, memanaskan kendaraan tidak memerlukan lama, dimana dalam pemanasan kendaraan sebaiknya cukup 30 detik saja.

2.  Terlalu banyak beban kendaraan: kadang untuk mempercantik kendaraan (mobil) kita memasang aksesori yang tidak ‘penting’ didalamnya. Untuk menghemat BBM sebaiknya perlengkapan yang tidak perlu sebaiknya diturunkan, seperti: roof rack, peralatan bengkel serta aksesoris mobil lainnya.

3.  Tidak mematikan mesin saat kendaraan berhenti: seringkali karena merasa berhenti cuma sebentar kita memilih tetap menyalakan kendaraan kita, sehingga nantinya tidak akan repot untuk menyalakannya kembali. Padahal tindakan tersebut secara perlahan akan menguras isi dompet Anda.
4.  Tidak memperhatikan tekanan ban: ini permasalahan klasik ketika ketika memiliki kendaraan. Kita akan benar-benar memperhatikan tekanan ban ketika ban melihat kendaraan kita mengalami kebocoran! Oleh sebab itu ada baiknya mengecek tekanan ban sebelum kita berangkat kerja maupun bepergian agar selama perjalanan lancar dan pemakaian BBM menjadi berkurang.
5.  Menyetel AC terlalu besar: merupakan kebiasaan sehari-hari yang dapat memboroskan pemakaian BBM.
6.  Berkendara ugal-ugalan dan kasar

Demikianlah tadi enam kebiasaan sehari-hari yang dapat memboroskan BBM Anda. Semoga artikel singkat ini dapat menambah pengetahuan kita semua. Amiin.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: