Kenapa Kuku Tangan Lebih Cepat Tumbuh Dari Pada Kuku Kaki?

Mengapa kuku tangan lebih cepat tumbuh daripada kuku kaki? Seperti kita ketahui bersama, pertumbuhan kuku tangan sangat cepat dibandingkan kuku kaki. Walaupun kita memotong kuku kaki terlebih dahulu, biasanya yang justru tumbuh lebih panjang dahulu adalah kuku tangan, padahal kuku tangan hanya selisih tiga hari masa pemotongannya dibandingkan kuku kaki.
Lalu, kenapa kuku tangan lebih cepat tumbuhnya? Kecepatan kuku tangan bertumbuh dan berkembang tidak lain karena faktor makanan. Mengapa faktor makanan? Ya, karena faktor nutrisi atau makananlah yang menyebabkan sesuatunya menjadi lebih cepat tumbuh dan besar dibandingkan dengan yang tidak mengkomsumsi makanan.

Ambil contoh, dua orang bayi normal yang sama-sama lahir akan berbeda pertumbuhan dan perkembangannya jika salah satu dari mereka mendapatkan asupan makanan (ASI) lebih banyak. Tentu, idealnya bayi yang mendapatkan ASI yang banyak (mencukupi) yang akan bertumbuh dan berkembang lebih baik dari pada bayi yang tidak tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Begitu juga yang terjadi pada kuku. Kuku tangan yang banyak mendapat makanan dari tubuh akan cepat bertumbuh dari kuku kaki. Apa yang menyebabkan kuku tangan lebih banyak mendapat makanan dari pada kuku kaki? Penyebabnya adalah perihal lokasi.
Lokasi kuku tangan lebih dekat dengan sumber makanan di bandingkan dengan kuku kaki. Dimana sumber makanan kuku adalah dari darah. Sedangkan darah sendiri dipompakan oleh jantung ke seluruh tubuh. pompaan jantung yang mengalirkan darah inilah yang menyebabkan kuku tangan lebih cepat dan banyak dalam mendapatkan makanan dibandingkan kuku kaki.
Demikianlah penjelasan mengapa kuku tangan lebih cepat bertumbuh dibandingkan kuku kaki. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua. Amiin.

Subscribe to receive free email updates: