Pengertian, Penyebab Dan Tindakan Dalam Mengatasi Osteoporosis

Apakah osteoporosis itu? Mungkin itu yang muncul dipikiran Anda, apalagi kata osteoporosis ini sering wara wiri muncul di televisi. Sebenarnya osteoporosis ini sama artinya dengan keroposnya tulang atau bisa juga tulang lemah dikarenakan kurang kalsium, fosfor, dan mineral lainnya. Sehingga tulang mudah rapuh dan mudah patah.
Lalu apa  yang menyebabkan timbulnya penyakit osteoporosis ini? Ada banyak faktor yang menyebabkan timbulnya penyakit ini. yang mana faktor resiko osteoporosis ini dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu: Faktor resiko osteoporosis yang tidak dapat dicegah, faktor resiko yang dapat dicegah dan Faktor resiko yang dapat dimodifikasi.

Faktor resiko osteoporosis:
1.   Faktor resiko osteoporosis yang tidak dapat dicegah:
a.    Usia: ini hal pertama yang tidak dapat dicegah, karena setiap harinya seperti kita ketahui kehidupan terus berjalan yang tidak mungkin untuk diundur kembali. Dengan bertambahnya usia, maka bertambah juga resiko Anda menderita osteoporosis. Selain karena lamanya penggunaan tulang juga dikarenakan di usia yang tua fungsi tubuh juga mengalami penurunan.

b.    Jenis kelamin: hingga usia 75 tahun, seorang wanita mengalami dua kali lebih banyak mengalami patah tulang akibat kerapuhan tulang.
c.    Ras: seseorang yang terlahir dengan ras kulit putih lebih rentan terkena osteoporosis.
d.    Riwayat keluarga menderita osteoporosis: tidak mungkin Anda rubah faktor resiko ini, dimana apabila Anda memiliki keluarga yang memiliki riwayat terkena osteoporosis maka Anda juga berpeluang untuk terkena penyakit yang sama.
e.    Bentuk Tubuh: seseorang yang memiliki tubuh kecil dan kurus memiliki masa tulang yang sedikit.
2.  Faktor resiko osteoporosis yang dapat dicegah:
a.    Merokok: kebiasaan buruk ini dapat Anda cegah. Dimana dengan merokok Anda berpeluang terkena berbagai macam penyakit salah satunya adalah osteoporosis.
b.    Gaya hidup yang tidak aktif: ini sangat bisa untuk Anda rubah agar terhindar dari penyakit osteoporosis. Untuk itulah lakukan olahraga setidaknya 30 menit selama 3 kali dalam seminggu, meliputi latihan kekuatan dan aktivitas menahan beban.
c.    Komsumsi soda dan kafein berlebihan: kedua bahan ini meningkatkan resiko Anda terkena osteoporosis. Oleh karena itu hindarilah atau batasilah komsumsi soda dan kopi.
d.    Komsumsi Alkohol: sama dengan komsumsi soda dan kafein, komsumsi alkohol juga mesti Anda hindari jika ingin terhindar dari kerapuhan tulang atau osteoporosis.
3.  Faktor resiko osteoporosis yang dapat dimodifikasi:
a.    Gangguan makan: bagi Anda yang mengalami gangguan makan, segeralah berkonsultasi dengan fasilitas kesehatan terdekat, agar kerusakan yang diakibatkan gangguan makan ini dapat diminimalkan.
b.    Obat diuretik, kortikosteroid: penggunaan obat ini maupun obat sejenisnya dapat membuat tulang Anda mudah keropos. Oleh karena itu apabila Anda mendapatkan pengobatan, segeralah diskusikan dengan dokter keluarga Anda obat apa yang Anda minum dan apa efek sampingnya. Sehingga Anda dapat menghindari obat-obatan yang dapat membahaakan tulang Anda (osteoporosis).
Loading...

Subscribe to receive free email updates: