Begini Desain Kamar Mandi Yang Aman Untuk Manula

Menurut sampel data dari Centre for Disease and Preventation di Amerika Serikat pada tahun 2008, tingkat cedera di kamar mandi (khusunya toilet) meningkat sesuai bertambahnya umur, dimana dari 100.000 kecelakaan 266,6 terjadi pada usia ≥ 85 tahun.
Menyikapi hal ini tentunya kita harus memperhatikan desain kamar mandi untuk para manula (manusia lanjut usia) baik itu nenek maupun kakek kita, orang tua kita maupun pada diri kita sendiri.
Dimana desain kamar mandi harusnya menjawab kebutuhan penggunanya. Seperti kita ketahui pada manula secara alami mengalami kesulitan dalam menggunakan perangkat kamar mandi dikarenakan penurunan dalam sensorik, motorik dan refelknya.

Untuk menghindari atau menekan kasus cedera di kamar mandi pada manula ada baiknya kita menyiapkan beberapa hal di bawah ini:
1.   Pasang susuran pegangan:
Kita semua mahfum jika manula rata-rata mengalami fungsi motorik (berjalan) dan penglihatan. Untuk itulah diperlukan susuran pegangan, agar resiko terpeleset atau jatuh karena kurangnya penglihatan dan penurunan fungsi berjalan menjadi berkurang. Selain itu susuran pegangan juga memudahkan manula untuk bangun dan berdiri.

2.  Pasang karpet anti licin:
Seperti disebutkan di atas, manula banyak mengalami fungsi motorik, sensorik dan refleknya. Untuk itulah di pasang karpet anti licin yang menghindarkan penggunanya dari jatuh akibat lantai yang licin.

3.  Pasang kursi yang kokoh di pancuran:
Ketahanan manula untuk berdiri sangat terbatas, oleh karena itu ada baiknya kita menyiapkan tempat duduk yang kokoh yang tidak mudah jatuh. Sehingga manula dapat membersihkan badannya dengan posisi yang nyaman ketika mandi. Tapi, ingat sebaiknya kursi yang dipakai juga menggunakan karet anti slip untuk menghindari pergerakan kursi.

4.  Gunakan toilet duduk dibanding toilet jongkok:
Bagi manula toilet jongkok merupakan sesuatu yang amat menyiksa. Karena selain memerlukan gerakan otot yang besar, toilet jongkok juga membuat manula susah untuk bangun dan jongkok. Hal berbeda jika para manula menggunakan toilet duduk yang dirasa praktis karena hanya menggunakan sedikit gerakan dan mudah untuk bangun.

5.  Kurangi undakan pada lantai:

Ini salah satu penyebab tingginya angka kecelakaan di kamar mandi. Karena seperti kita ketahui sendiri, undakan akan mempersulit dan menghambat pergerakan manula. Selain itu, undakan juga dapat menjadi batu sandungan para manula yang telah mengalami penurunan penglihatan dan penurunan motorik.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: