Bolehkah Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud?

Benarkah membersihkan telinga menggunakan cotton bud itu berbahaya buat kesehatan telinga? Kalau benar berbahaya lantas dengan cara apa kita membersihkan kotoran telinga dengan baik dan benar?
Hampir sebagian dari kita dalam membersihkan kotoran telinga pasti pernah menggunakan cotton bud, dimana penggunaan alat bantu ini dirasa dapat membantu mengeluarkan kotoran telinga. Lalu, benarkan penggunaan cotton bud ini berbahaya?
Pada dasarnya secara alami, telinga mempunyai mekanisme sendiri untuk membersihkan kotoran di dalamnya. Dimana di dalam lubang telinga terdapat lapisan kulit yang secara otomatis akan berganti dan makin bergeser ke luar. Selain itu juga, kotoran telinga juga bisa keluar melalui kegiatan mengunyah. Dengan mengunyah, gerakan rahang itu akan sampai pada kulit telinga dan mendorong kotoran telinga keluar. 

Dan faktor alami yang dapat mengeluarkan kotoran telinga adalah suhu, jika kita berada di tempat yang membuat kita berkeringat, maka kotoran dalam telinga juga akan mencair dan mudah untuk keluar.

Menjawab pertanyaan di atas penggunaan cotton bud boleh saja  dengan catatan hanya untuk mencukil atau mengeluarkan kotoran yang sudah terlihat dan nyaris keluar. Tapi biasanya kebanyakan orang sering penasaran dan terus mengorek telinga sampai bagian dalam. Nah, disinilah penggunaan cotton bud dapat berbahaya.
Penggunaan cotton bud terlalu dalam justru akan menahan keluarnya kotoran sehingga terjadilah penumpukan. Selain itu penggunaan cotton bud juga dapat mendorong kembali kotoran ke dalam telinga. Hal ini didasarkan bentuk fisiknya yang sama besarnya dengan lubang telinga kita dan berhubungan erat dengan konstruksi lubang dalam telinga kita yang agak miring ke bawah.
Memasukkan cotton bud terlalu dalam juga sebaiknya tidak dilakukan karena dua pertiga liang telinga ke dalam bersifat kering sehingga tidak memproduksi kotoran telinga karena tidak terdapat kelenjar keringat dan kelenjar lemaknya.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: