Cara Terbaik Dalam Merawat Ayam Ketawa

Bagaimana cara merawat ayam ketawa? Pertanyaan inilah yang sering diajukan ketika menghadapi ayam yang mempunyai keunikan pada suaranya ini. Keberadaannya yang langka dan nyaris punah ini membuat ayam ketawa memerlukan perhatian yang ekstra pada perawatannya. Maka tidak heran jika hewan ini terbilang mahal di pasaran. Dimana harga ayam ketawa ini bervariatif mulai dari 300 ribu sampai 60 juta per ekor!
Bagi Anda yang ingin merawat dan membesarkan ayam ketawa ini, berikut cara merawat ayam ketawa menurut para ahli:

1.   Lingkungan dan kandang ayam ketawa harus rajin dibersihkan dengan cara disemprot menggunakan cairan suci hama.
2.  Mandikan ayam ketawa di pagi hari kemudian jemur di bawah sinar matahari sebentar sebelum dimasukkan ke dalam kandang.

3.  Pisahkan ayam sakit dari ayam ketawa yang sehat tujuannya tentu saja agar tidak tertular. Untuk menjaga kondisi ayam berikan vitamin khusus bagi ayam agar terhindar dari berbagai jenis penyakit virus, flu, demam, lemas bahkan ngorok.
4.  Untuk ayam betina sebaiknya dilepas demi meningkatkan produktivitasnya.
5.  Anak ayam sebaiknya jangan diberi minum secara langsung. Hal ini dikarenakan minum air secara langsung dengan jumlah yang banyak akan menyebabkan timbul penyakit ngorok. Penyakit ini sering muncul pada anak ayam, untuk menyiasatinya dapat diakali dengan cara mencampur air pada makanannya.
Bagaimana? Mudahkan dalam merawat ayam ketawa? Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang cara merawat ayam ketawa dengan baik. Aamiin. Baca Juga: Cara Menanam, Merawat Bunga Mawar Agar Berbunga
Loading...

Subscribe to receive free email updates: