Cara Terbaik Dalam Merawat Burung Love Bird Agar Tetap Sehat Dan Berkicau Merdu

Bagaimana caranya merawat burung love bird? Burung yang berwarna indah ini memang banyak peminatnya, apalagi jika mendengar suaranya bisa dipastikan Anda akan langsung jatuh hati padanya. Itulah sebabnya banyak yang menginginkan burung love bird ini sebagai burung peliharaan di rumah.
Berikut cara mudah merawat burung love bird yang wajib Anda ketahui:
1.   Untuk makanan sebaiknya pilihlah makanan berupa sayuran segar, seperti: brokoli, tauge, bayam, sawi, kangkung maupun jagung setiap hari secara bergiliran. Sedangkan pemberian buah-buahan (pisang, pepaya, apel) bisa diberikan dua sampai tiga kali seminggu. Dan biji-bijian (biji bunga matahari dan lain-lain) sebaiknya diberikan secara terbatas.

2.  Hindari memberikan makanan berlemak pada burung love bird ini, karena pemberian makanan berlemak membuat burung mudah gemuk. Jika sudah gemuk maka burung akan malas bergerak maupun berkicau.
3.  Sediakan pasir grit di dalam kandang. Selain untuk membantu pencernaan burung, pasir grit juga bermanfaat dalam proses pembentukan cangkang telur.

4.  Pilih sangkar yang berukuran besar agar ruang gerak burung love bird bebas. dimana sangkar harus berbahan besi atau kawat agar tidak mudah rusak jika digigit burung imut ini.
5.  Selalu bersihkan kandang secara rutin dan perhatikan juga kebersihan air minum agar burung berwarna-warni ini bebas dari penyakit. Sedangkan untuk mandi, burung love bird ini sekali sehari juga baik dilakukan, karena pada dasarnya burung ini sangat suka mandi. Setelah mandi, sebaiknya dijemur pada pagi maupun sore hari selama kurang lebih satu atau dua jam.
6.  Seminggu sekali, mandikanlah dengan cairan antiseptik agar terbebas dari penyakit.
7.  Jika burung love bird sakit, gunakan obat khusus burung. Perawatan yang baik bisa membuat burung love bird bertahan hidup sekitar 10 bahkan 15 tahun.

Demikianlah cara terbaik dalam merawat burung love bird. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kita akan cara mudah merawat burung love bird. Aamiin. Baca Juga: Cara Terbaik Dalam Merawat Ayam Ketawa
Loading...

Subscribe to receive free email updates: