Cara Terbaik Mengusir Bau Kaki Yang 'Membandel'

Siapa yang mau kakinya berbau. Membanyangkannya saja kita sudah bergidik ngeri. Tapi, apa jadinya jika masalah bau kaki menyerang kita? Bisa-bisa kita dibuat minder olehnya. Tapi tenang, Anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan ini kami akan beberkan beberapa tips dalam mengusir bau kaki dengan mudah dan tentu saja efektif.
Sebelum membahas cara mengusir bau kaki, marilah kita mengenal bau kaki yang dapat menyerang siapa saja tersebut. Bau kaki biasanya banyak dihadapi orang-orang yang menghabiskan sebagian waktunya di luar rumah dengan pola hidup yang kurang bersih. Selain itu, biasanya bau kaki timbul pada seseorang yang secara berkala menderita kelebihan keringat. Tentu saja hal ini diperparah dengan pemakaian kaus kaki yang menyebabkan area kaki menjadi tambah lembab, sehingga membuat kuman, bakteri, maupun jamur berkembang biak dengan pesatnya.

Berikut cara mudah dan efektif dalam mengusir bau kaki yang ‘membandel’:
1.   Hindari pemakaian kaus kaki yang terlalu lama:
Kadang karena merasa kaus kaki baru di pakai satu hari kita sayang untuk mengantinya keesokan harinya. Padahal idealnya pemakaian kaus kaki dipakai untuk satu hari agar kaki tidak berbau.

Kaus kaki pada dasarnya, selain mempercantik penampilan juga dapat membantu menyerap keringat berlebih sehingga dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dalam sepatu. Tapi, apabila dipakai terus menerus bukannya mengurangi bakter justru dijadikan bakteri sebagai sarang pertumbuhannya.
Untuk menghindari bau kaki sebaiknya pakai kaus kaki yang kering dengan kata lain hindari pemakaian kaus kaki yang basah. Apabila basah akan membuat kaki menjadi lembab dan bila lembab akan membuat bakteri beranak-pinak dalam kaki Anda. Selanjutnya, dalam pemilihan kaus kaki, sebaiknya pilih kaus kaki berbahan katun agar keringat terserap dengan baik.
2.  Mengganti sepatu minimal dua hari sekali:
Hal ini perlu dilakukan untuk mengusir bau tidak sedap pada kaki. Selain rutin mengganti sepatu setiap dua hari sekali, kita juga dianjurkan untuk mencuci sepatu (jika bahannya memungkinkan untuk di cuci) dan sepatu  sebaiknya di jemur setiap kali selesai di pakai.
3.  Taburi kaki dengan bedak:
Pemakaian bedak pada kaki sangat baik terutama bagi orang dengan keringat berlebih. Dimana seperti kita ketahui bedak dapat menyerap keringat. Tapi, pastikan kaki benar-benar kering sebelum ditaburi bedak dan jangan lupa juga untuk menaburi bedak di area sela-sela kaki.
4.  Rendam kaki:
Untuk mengusir bau kaki ada baiknya kita merendam kaki di air hangat yang diberi essential oil. Sebaiknya, gunakan essential oil yang mengandung antiseptik guna mengurangi bau tidak sedap pada kaki. Tapi, sebaiknya sebelum merendam kaki, bersihkan kaki dengan cara disikat. Waktu perendaman kaki antara 15 – 20 menit sebanyak satu kali dalam seminggu.
5.  Gunakan antiperspirant:

Antiperspirant merupakan bahan uang mampu mempersempit pori-pori sehingga dapat mengurangi keluarnya keringat.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: