Kota Ini Membayar Warganya Yang Naik Sepeda Ke Tempat Kerja

Indonesia perlu mencontoh keseriusan kota Massarosa, Italia dalam mengurai kemacetan dan meningkatkan kesehatan warganya. Dimana Dewan kota Massarosa, disebelah utara Pisa akan membayar £ 35 atau sekitar Rp. 700 ribu/bulan kepada warganya yang akan naik sepeda ke tempat kerjanya.
Itu sama saja artinya penduduk yang menggunakan roda dua tanpa mesin tersebut akan mendapatkan £ 424 atau setara dengan Rp. 8,8 juta pertahun. Dimana perhitungan ini akan membayar 25 sen perkilometer yang dijalani pengguna.

Lalu dari mana dewan kota Massarosa mendapatkan uang untuk membayar warganya yang akan naik sepeda ketempat kerjanya tersebut? Ternyata skema pembayaran tersebut didapat dari denda  penilangan di kota tersebut.

Cara ini diperkirakan akan efektif dalam menekan kemacetan lalu lintas yang telah menghimpit kota tersebut dan penggunaan sepeda ke tempat kerja secara otomatis akan menurunkan polusi kota.
Selain itu keuntungan bersepeda yang lainnya adalah menyangkut masalah kesehatan warga. Dimana selain mengurangi polusi udara, bersepeda juga membuat penggunanya aktif bergerak dalam kesehariannya. Sehingga sehat bagi warga Massarosa bukan sekedar impian.

Tentu saja dengan adanya peraturan tersebut, kota Massarosa, Italia tidak akan rugi dalam membayar warganya yang bersepeda ke tempat kerjanya. Yang ada kota Massarosa akan mendapatkan keuntungan berlebih karena dengan bersepeda akan terjadi penurunan kecelakaan berlalu lintas, memperlancar arus ekonomi di masyarakat dan akan mengurangi pengeluaran kota Massarosa dalam membiayai masalah kesehatan warganya.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: