Rahasia Laut Mati Yang Membuatmu Dapat Terapung Ketika Berenang

Anda tentu tidak asing dengan laut mati? Tapi, ketika ditanya bagaimana laut mati ini terbentuk, mungkin sebagian dari kita akan menggeleng tidak tahu. Apalagi kalau ditanya mengapa laut tersebut disebut laut mati? Mengapa kandungan kadar garamnya tinggi sekali? Dan mengapa badan kita bisa mengapung di laut mati?
Sebelum menjawab pertanyaan beruntun tentang laut mati tersebut, kami akan menguraikan satu persatu jawaban dari pertanyaan tersebut. Bagaimana air laut mati terbentuk? Secara geologi laut mati terbentuk tiga juta tahun yang lalu ketika timbul retakan kecil pada lembah sungai Yordan. Di mana air laut masuk dan terkumpul, iklim kering dan evaporasi tinggi meningkatkan konsentrasi mineral dalam air. Garam, kapur dan gipsum terdapat pada sepanjang retakan ini dan membentuk danau dengan kandungan garam tertinggi

Perlu kita ketahui daerah sekitar laut mati merupakan daratan terendah di muka bumi.Dengan posisi terendah di muka bumi tersebut menyebabkan air laut mati tidak bisa mengalir ke mana-mana. Hal ini diperparah dengan penguapan sekitar tujuh ton air laut mati yang menyebabkan air laut mati ini bertambah asin dibandingkan laut pada umumnya.

Secara otomatis dengan tingginya kandungan garam di laut mati ini menyebabkan hewan maupun tumbuhan tidak bisa hidup di area ini. Hal inilah yang mendasari pemberian nama laut mati ini.
Dimana kadar air laut mati sekitar 30% lebih tinggi daripada kadar air laut biasa yang sekitar 3,5% saja. Hal ini sama saja dengan kandungan air garam di laut mati mengandung sekitar sembilan kali lipat lebih asin dibandingkan air laut biasa.
Lalu, mengapa tubuh kita bisa mengapung di air laut mati? Hal ini dikarenakan rendahnya kandungan garam ditubuh kita dibandingkan dengan kandungan garam air laut mati. Dimana kadar garam tubuh kita hanya 1-2% dibandingkan dengan kadar air laut mati yang mencapai sekitar 30%. Perbedaan inilah yang menyebabkan kita terapung ketika kita berenang di laut mati.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: