Selain Unik, Ternyata Rumah Tradisional Indonesia Juga Tanggap Gempa

Indonesia selain memiliki pesona alam yang luar biasa juga memiliki adat istiadat serta bahasa yang beraneka ragam. Ternyata selain itu, Indonesia juga memiliki rumah khas Nusantara yang bisa dibanggakan. Selain memiliki bentuk yang unik juga memiliki fungsi yang luar biasa yaitu: tanggap gempa atau orang biasa menyebutnya tahan gempa.
Kehadiran rumah tradisional yang tanggap gempa ini sendiri tidak terlepas dari letak geografis Indonesia yang berada di pertemuan beberapa tektonik utama bumi. Karena seringnya gempa yang terjadi, maka tidak heran masyarakat Indonesia zaman dahulu ‘mengkonsep’ rumah yang ‘tahan’ gempa.

Konsep rumah tradisional tanggap gempa ini ternyata rahasianya terletak pada sambungan antar komponen pembentuknya. Dimana rumah kayu di Indonesia umumnya memiliki tiga jenis sambungan, yakni: knock down, ikat sambung dan gabungan.

Jangan menganggap jenis sambungan knock down adalah jenis sambungan yang memerlukan bahan material yang modern. Karena pada intinya maksud dari knock down adalah hanya sebutan untuk menggambarkan teknik sambungan yang dapat dibongkar pasang. Dimana teknik jenis sambungan ini akan mengolah kayu yang akan dibangun rumah dengan berbagai teknik yang ujung-ujungnya setiap kayu tersebut akan saling mengunci satu sama lain.
Sedangkan jenis sambung ikat adalah jenis sambung yang menggunakan sambungan dalam menyambungkan suatu bahan pembentuk rumah dengan bahan lain dengan cara diikat. Dimana bahan pengikat itu sebagian besar dari rotan. Mengapa rotan? Karena rotan bersifat lentur, kuat dan mudah didapatkan.
Dan yang terakhir adalah struktur gabungan. Dimana jenis sambung ini bisa dikatakan gabungan antara struktur ikat dan knock down. Penggabungan ini terlihat pada adanya pelubangan, pembuatan pirus dan coakan yang merupakan teknik dari knock down dan pada bagunan rumah tradisional ini juga terdapat teknik ikat. Hal ini dilakukan agar bagunan rumah tradisional menjadi semakin kokoh dan kuat.
Lalu, bagaimana bisa rumah tradisional Indonesia tahan gempa? Kekuatan ini terletak pada konstruksi bagunan rumah tradisional Indonesia yang dapat bergoyang mengikuti irama gempa itu sendiri atau dapat bergoyang mengikuti gerak tanah. Selain itu, kelebihan dari rumah tradisional Indonesia adalah dapat dipindahkan karena dapat dibongkar pasang dan ringan.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: