Sensasi Berburu Serigala Dengan Bantuan Rajawali

Berburu menggunakan senapan adalah hal biasa. Berburu rubah dengan menggunakan anjing itu juga hal yang lumrah. Tapi berburu serigala dengan bantuan rajawali? Itu baru luar biasa!
Itulah yang terjadi jika anda berkunjung ke pegunungan Altai, Kazakstan. Di wilayah tersebut banyak warga yang masih meneruskan tradisi nenek moyang mereka dalam berburu menggunakan bantuan rajawali. Mereka beranggapan, berburu dengan menggunakan burung rajawali merupakan simbol kebebasan. Dimana burung rajawali dianggap sebagai raja angkasa dan penguasa bumi.
Tapi jangan anggap daerah ini mudah untuk di akses, karena tempat ini terasing diketinggian sekitar 2.020 meter di atas permukaan laut dan di area tersebut dikelilingi gunung-gunung es sehingga memang membuat kawasan ini begitu tertutup.

Berburu dengan menggunakan rajawali bukanlah perkara gampang. Karena selain harus pintar memilih rajawali yang tangguh juga harus ekstra sabar dalam mengajarkan burung rajawali cara berburu. Loh, bukannya rajawali sudah lihai berburu?

Eits, jika anda berpikir burung rajawali yang dipakai adalah burung rajawali dewasa yang hidup di alam liar maka anda salah. Karena pada umumnya rajawali yang digunakan untuk berburu adalah burung rajawali yang ‘diambil’ dari induknya selagi masih kecil.
Burung rajawali kecil inilah yang nantinya akan dididik menjadi burung rajawali untuk berburu. Setiap keberhasilannya menangkap mangsa, burung rajawali akan mendapat imbalan berupa makanan. Pemberian makanan ini sendiri tergantung dari musim. Jika musim panas rajawali akan mendapatkan sekilo daging setiap harinya. Tapi jika di musim dingin atau musim berburu burung rajawali hanya diberi seekor kelinci yang dijatah habis untuk tiga hari.
Tapi, sebelum diberikan, kelinci akan dicuci dengan air agar zat gizinya hilang. Maksud dilakukan tindakan tersebut agar rajawali tetap kelaparan, namun masih memiliki tenaga untuk berburu. Sekedar diketahui, jika burung rajawali kenyang, burung rajawali tidak akan kembali lagi.
Disaat kelaparan itu artinya burung rajawali siap untuk berburu. Sang pemburu biasanya akan melepaskan ikatan burung rajawali agar burung tersebut terbang ke angkasa sementara ia akan mengikuti pergerakan burung rajawali tadi.
Biasanya burung rajawali akan terbang berputar-putar ke angkasa mencari target buruannya. Setelah melihat targetnya biasanya rajawali tersebut akan  segera mengunci targetnya dengan cara menukik tajam ke arah mangsa sambil mengarahkan cengkraman kuat ke mangsa yang hendak diburu.
Bila di satu titik tidak ada hasil buruan, maka pemburu biasanya akan mencari lokasi lain untuk menemukan mangsa. Burung rajawali akan ditunjukkan ke mana harus pergi. Tanpa adanya tawar menawar, burung rajawali akan terbang tinggi mengikuti perintah tuannya sambil mengawasi adanya mangsa yang akan dijadikan hasil buruan.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: