Kapan Waktu Yang Tepat Mengecek Kadar Gula Darah?

Kapan waktu yang tepat untuk mulai memeriksa kadar gula darah? Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan perihal penyakit diabetes melitus. Sebelum kita membahas topik ini, sangat penting bagi kita untuk memahami apa itu diabetes, apa gejala diabetes dan jenis diabetes.
Diabetes diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Dimana Diabetes tipe 1 sering dialami pada anak-anak, remaja, dewasa muda dan dapat terjadi pada semua usia. Alasan penyebab dari diabetes tipe 1 tidak diketahui secara pasti. Namun, secara umum penyakit ini dipahami sebagai suatu gangguan autoimun dimana sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh yang sehat.
Diabetes tipe 2 adalah bentuk paling umum dari diabetes dan dianggap penyakit seumur hidup, ditandai dengan tingkat glukosa dalam darah yang sangat tinggi. Sel khusus di pankreas yang disebut sel beta menghasilkan hormon yang disebut insulin. Yang mana insulin ini sangat penting untuk memindahkan gula darah (glukosa) ke dalam sel.

Biasanya glukosa yang disimpan dalam sel akan digunakan setiap kali ada kebutuhan energi dalam tubuh. Bila Anda memiliki diabetes tipe 2, sel-sel lemak, hati dan otot Anda tidak merespon dengan benar terhadap insulin, sehingga menyebabkan kondisi yang disebut resistensi insulin.

Akibatnya, gula darah tidak masuk ke dalam sel. Sejak glukosa tidak disimpan dalam sel-sel, tingkat gula dalam darah secara otomatis meningkat. Situasi ini disebut hiperglikemia. Di mana hiperglikemia ini merupakan suatu kondisi glukosa tidak dapat digunakan untuk menghasilkan energi.

Jadi, ketika Anda akan mulai mengecek apakah Anda menderita diabetes atau tidak ada baiknya Anda  memahami hal ini tanda dan  gejala diabetes.
Seperti yang sudah dibahas, diabetes tipe 1 dapat terjadi pada semua usia; oleh karena itu, jika Anda melihat gejala berikut, seperti: rasa haus yang tidak biasa, rasa lapar yang berlebihan, penglihatan kabur, kelelahan, penurunan berat badan mendadak, sering buang air kecil dan mati rasa pada kaki, maka segera periksakan diri Anda ke fasilitas kesehatan terdekat. Biasanya akan dilakukan beberapa tes untuk mengetahui apakah Anda menderita diabetes/kencing manis atau tidak?
Kapan sebaiknya Anda memeriksa diabetes tipe 2? Diabetes tipe 2 biasanya berkembang perlahan-lahan selama periode waktu. Kebanyakan orang dengan penyakit ini mengalami kegemukan atau obesitas ketika mereka didiagnosis. Peningkatan lemak membuat tubuh kesulitan untuk menggunakan insulin dengan cara yang benar.
Riwayat keluarga dan gen memainkan peran utama dalam diabetes tipe 2. Perbedaan ini juga dapat terjadi di antara orang-orang yang kurus. Gejala awal diabetes tipe 2 meliputi: sering mengalami infeksi kandung kemih (ISK),  kulit yang lambat sembuh, kelelahan, mudah kelaparan, rasa haus meningkat, sering buang air kecil dan mati rasa pada kaki. Bila Anda melihat kondisi ini, tidak peduli apa usia Anda, Anda harus memeriksakan diri untuk mengetahui ada diabetes atau tidak?

Pra-diabetes adalah pra-diagnosis atau sinyal peringatan diabetes tipe 2 ketika gula darah Anda lebih tinggi dari normal. Anda  dapat mencegah pra-diabetes menjadi diabetes tipe 2 dengan membuat perubahan gaya hidup sederhana. Makan makanan yang sangat sehat, mengurangi berat badan Anda, menjadi aktif secara fisik sebanyak mungkin dan mempertahankan berat badan yang sehat - itu semua yang harus Anda lakukan untuk mencegah diri dari diabetes 2 tipe kronis.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: