10 Alasan Mengapa Seorang Wanita Harus Tidur Tujuh Jam Sehari

Beberapa orang mengatakan Anda perlu tidur selama enam jam, ada yang mengatakan tujuh jam dan ada sekitar delapan jam. Tapi berapa sebenarnya  jam ideal tidur  seorang wanita yang bekerja?
Anda pasti bingung dengan saran yang tak terhitung banyaknya tentang jumlah ideal jam tidur. Ya, minimal tujuh jam tidur sehari adalah jumlah yang ideal untuk setiap wanita pekerja. Sesuatu yang kurang dari ini mungkin menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Dan jika tidak dirawat tepat waktu, itu mungkin berubah menjadi masalah kesehatan yang serius .

Untuk memenuhi jam tidur bagi seorang wanita memang bukan perkara mudah. Karena seorang wanita menjalankan tugas yang terkait dengan pekerjaan rumah tangga dan kantor. Mereka biasanya lupa untuk menyadari bahwa ini bisa menjadi berbahaya bagi kesehatan mereka. Seperti makanan yang Anda makan, tidur juga sama pentingnya untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda kurang tidur itu mempengaruhi kehidupan Anda dalam setiap cara, baik itu secara fisik, emosional dan mental. Juga, kreativitas dan produktivitas kerja terhambat  jika tidur Anda tidak cukup. Untuk menghindari masalah kesehatan ini, berikut adalah 10 alasan mengapa wanita pekerja harus mendapatkan tidur minimal 7 jam tidur sehari-hari:
1.   Kelelahan: Ketika Anda tidur, tubuh Anda mengalami banyak perawatan biologis dan mempersiapkan Anda untuk hari berikutnya. Tapi ketika tidur tidak memadai, keesokan harinya saat bangun Anda akan merasa lelah. Itulah sebabnya minimal tujuh jam tidur sehari bagi seorang wanita yang bekerja untuk mengembalikan energi mereka.
2.  Iritabilitas: Ketika tidur tidak memadai, otak tidak bisa berfungsi dengan baik dan kemampuan kognitif Anda akan terganggu. Ini akan membuat Anda sering jengkel pada sesuatu hal tanpa alasan yang jelas.
3.  Mengurangi Imunitas: Ketika Anda tidur, tubuh memproduksi salah satu antibodi yang paling penting, sitokin yang membantu dalam meningkatkan tingkat kekebalan dan melawan virus. Jadi, ketika Anda tidak mendapatkan cukup tidur akan mengurangi tingkat kekebalan Anda dan Anda rentan untuk menderita beberapa infeksi.
4.  Peningkatan Risiko Masalah Pernapasan: Ketika sistem kekebalan tubuh Anda menjadi lemah karena kurang tidur, Anda berada pada risiko yang lebih tinggi tertular masalah pernapasan. Oleh karena itu tidur selama tujuh jam sehari diperlukan bagi perempuan untuk menjauhkan diri penyakit pernapasan.
5.  Berat Badan: Bila tidur Anda tidak memadai maka akan mempengaruhi dua bahan kimia. Eptin (yang memberi Anda perasaan kenyang) menurun dan ghrelin (hormon lapar-stimulating) meningkat. Oleh karena itu, wanita yang kurang tidur dari tujuh jam sehari akan cenderung untuk memiliki berat badan berlebih dan juga berisiko terkena obesitas.
6.  Peningkatan Risiko Diabetes: Ketika tidur tidak memadai, Anda berada pada risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2. Tubuh cenderung untuk melepaskan lebih banyak insulin ketika tidur Anda kurang  dari tingkat yang diperlukan; inilah yang meningkatkan risiko timbulnya diabetes.
7.  Peningkatan Risiko Penyakit Jantung: tidur yang cukup sangat diperlukan untuk menyembuhkan pembuluh darah dan jantung secara alami. Jadi ketika Anda mendapatkan tidur yang tidak memadai Anda cenderung meningkatan risiko terkena penyakit jantung.
8.  Peningkatan Risiko Tekanan Darah Tinggi: Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup, maka Anda berisiko terkena tekanan darah tinggi juga.
9.  Kurangnya Konsentrasi: Ketika Anda tidur, pikiran Anda saat akan terpelihara secara biologis tertentu sehingga Anda bangun dengan segar dan siap untuk menghadapi hari yang baru. Tapi ketika tidur tidak memadai Anda cenderung kehilangan konsentrasi.

10.   Depression: Salah satu dampak terburuk dan merugikan dari kurang tidur adalah depresi. Jika Anda kekurangan tidur terus menerus untuk jangka waktu yang lama, Anda berada pada risiko mengembangkan depresi.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: