Daftar Makanan Penyehat Dan Perusak Gigi

Bagaimana caranya agar memiliki gigi yang sehat? Bagaimana caranya agar memiliki gigi putih dan bersih? Selain rutin menggosok gigi, pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali, yang tidak kalah pentingnya adalah memilih makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan menjauhi makanan yang dapat merusak gigi.
Berikut daftar makanan dan minuman yang baik dan buruk untuk kesehatan gigi Anda:
1. Makanan dan minuman yang baik untuk gigi:
a.  stroberi: merupakan makanan pertama yang baik anda atau penyehat gigi Anda. Mengapa stroberi baik untuk kesehatan gigi Anda? Karena stroberi mengandung asam malat yang dapat membantu membersihkan dan memutihkan email gigi secara alamiah.
b.  Susu dan keju: Seperti yang kita ketahui susu mengandung kalsium yang mana kalsium sendiri baik untuk memperkuat email gigi, sedangkan keju mengandung kasein yang berguna untuk menstabilkan dan memperbaiki email gigi.

c.   Permen karet bebas gula: permen jenis ini terbukti membersihkan gigi dan terbukti mengurangi jumlah bakteri dalam mulut.
d.  Air putih: Salah satunya adalah melindungi gigi dari erosi.
e.  Sayur: Dengan memakan semangkuk bayam atau buncis dapat membersihkan gigi dari bakteri.
2. Makanan dan minuman yang dapat merusak gigi:
a.  Soda: sudah bukan rahasia lagi jika minuman satu ini dapat merusak gigi. Kandungan sitrat dan asam fosfatnya dapat mengikis email gigi.
b.  Buah jeruk dan lemon : agak mengejutkan memang buah ini masuk daftar makanan perusak gigi, apalagi jika melihat vitamin yang terkandung di dalamnya. Namun rupanya kandungan asam dalam jeruk dan lemonlah yang menjadi biang keroknya. Dimana kandungan asam tersebut dapat mengikis email gigi dan dapat menimbulkan kerusakan pada gigi.
c.   Kopi dan teh: dua minuman ini memang sangat familiar dan populer di Indonesia. Rasanya yang segar dan enak menjadikan kedua minuman ini menjadi minuman favorit semua kalangan usia. Ternyata kedua minuman favorit ini tidak baik untuk kesehatan kita karena dapat menimbulkan noda di gigi dan memudarkan warna gigi. Minum teh dapat mengikis email gigi, sedangkan kopi cenderung lengket dan mengundang bakteri.

d.  Anggur merah: zat chromogen pada anggur merah dapat memudarkan warna gigi dan tanin dapat menimbulkan noda di gigi dan dapat membuat mulut kering.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: