Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Ketika Kita Tidur

Apa yang terjadi pada tubuh ketika kita tidur? Ini merupakan pertanyaan umum yang sering ditanyakan orang ketika mengetahui fakta bahwa istirahat atau tidur baik untuk kesehatan seseorang. Padahal kalau dipikir, aktifitas tidur hanya memejamkan mata dan sedikit melakukan pergerakan. Tidak seperti olahraga yang memerlukan tenaga dan upaya untuk melakukannya.
Berikut adalah fakta tentang apa yang terjadi pada tubuh saat kita tidur:
a.  Pemulihan Energi:
Pada saat tidur sekitar 40% aliran darah normal di otak akan dialihkan ke otot. Itulah sebabnya ketika kita bangun tidur tubuh kita terasa segar dan bertenaga. Hal ini membuat tidur dapat berguna untuk pemulihan energi.
b.  Sistem kekebalan tubuh:
Ketika seseorang tidur secara tidak langsung tubuh akan memompa tumour necrosis factor (TNF) atau protein pembunuh kanker dan infeksi melalui pembuluh darah. Itulah sebabnya seseorang yang kekurangan tidur lama kelamaan akan mudah terserang penyakit karena tidur bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh.

c.   Perbaikan otot dan tulang:
Salah satu kehebatan ketika seseorang tidur adalah tubuh akan memproduksi human growth hormone (HGH) yang memelihara tulang, otot dan jaringan dalam tubuh lainnya. Jadi dengan kedahsyatan tersebut, dengan tidur kita dapat memperbaiki otot dan tulang.

d.  Perawatan kulit:
Kalau Anda ingin mendapatkan kulit yang sehat penuhilah kebutuhan tidur Anda. Karena ketika kita tidur terjadi peningkatan produksi sel-sel tubuh untuk mengurangi kerusakan protein pada kulit.
e.  Denyut jantung turun:
Dengan tidur denyut jantung akan menurun hingga 10-30/menit. Hal ini sama saja artinya tidur dapat menurunkan tekanan darah.
f.   Leptin meningkat:

Ternyata untuk menurunkan berat badan bisa juga melalui tidur. Kenapa? Karena pada saat tidur leptin atau hormon yang menekan nafsu makan diproduksi. Kalau nafsu makan ditekan otomatis keinginan makan yang berlebih akan ditekan, sehingga berat badan menjadi berkurang.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: