Inilah Delapan Bahaya Kurang Tidur Terhadap Kesehatan

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Tapi, sayangnya di zaman serba modern ini kebutuhan tidur sering terabaikan atas nama karier, rezeki, atau keinginan lain yang sangat diimpikan. Hal ini tercermin dari ungkapan Yelena Pyatkevich, MD, Direktur divisi Neurologi dan Klinik gangguan tidur Boston Medical Center, Amerika Serikat yang mengatakan rata-rata orang dewasa memiliki waktu tidur 1,5 jam lebih sedikit dibandingkan dengan rata-rata orang dewasa 100 tahun yang lalu.
Lalu, berapa jam kebutuhan tidur orang dewasa? Pada umumnya kebutuhan dasar untuk tidur dan istirahat orang dewasa berkisar antara 7 – 9 jam/hari. Adapun penjabarannya sebagai berikut:
Kebutuhan tidur berdasarkan usia:
a.  Usia 0-3 bulan: di rekomendasikan untuk tidur 14-17 jam/hari, atau bisa dilakukan 11-13 jam perhari atau 18-19 jam/hari. Tapi jangan beranggapan bahwa tidur lama akan baik justru akan mengganggu kesehatan bayi Anda, dimana jam tidur yang tidak direkomendasikan pada bayi usia 0-3 bulan adalah: kurang dari 11 jam dan lebih dari 19 jam.
b.  Usia 4-11 bulan: direkomendasikan untuk tidur 12-15 jam/hari dan tidak dianjurkan untuk tidur kurang dari 11 jam/hari atau lebih dari 18 jam sehari.
c.   Usia 1-2 tahun: direkomendasikan tidur 11-14 jam/hari dan tidak direkomendasikan tidur kurang 9 jam/hari atau lebih dari 16 jam/hari.
d.  Usia 3-5 tahun: direkomendasikan tidur 10-13 jam/hari. Tidak direkomendasikan tidur kurang dari 8 jam atau malah lebih dari 14 jam sehari.

e.  Usia 6-13 tahun: direkomendasikan tidur 9-11 jam/hari dan tidak dianjurkan kurang dari 7 jam/hari dan lebih dari 12 jam/hari.
f.   Usia 14-17 tahun: direkomendasikan tidur 7-10 jam/hari dan tidak direkomendasikan tidur kurang dari 7 jam/hari dan tidur lebih dari 11 jam/hari.
g.  Usia 18-25 tahun: direkomendasikan tidur 7-9 jam/hari dan tidak direkomendasikan tidur kurang 6 jam/hari dan lebih dari 11 jam/hari.

h.  Usia 26-64 tahun: direkomendasikan tidur 7-9 jam/hari dan tidak dianjurkan untuk tidur kurang dari 6 jam/hari dan lebih dari 10 jam/hari.
i.    Usia lebih dari 64 tahun: direkomendasikan tidur 7-8 jam/hari dan tidak dianjurkan untuk tidur kurang dari 5 jam/hari dan tidak boleh lebih dari 9 jam/hari.
Apa bahayanya jika kita kekurangan jam tidur? Berikut 8 bahaya yang mengintai ketika kita kurang tidur:
1.   Meningkatkan resiko kanker
2.  Merusak jantung karena kadar C-reactive protein naik
3.  Meningkatkan resiko obesitas karena kadar gula darah meninggi
4.  Memicu kematian dini
5.  Pelemahan otak
6.  Kemampuan belajar dan mengingat turun 40%
7.  Perubahan perilaku karena hormon kortisol meningkat
8.  Seperempat jumlah sperma berkurang
Loading...

Subscribe to receive free email updates: