Inilah Tujuh Manfaat Berpelukan Bagi Kesehatan

Berpelukan? Hal yang biasa dilakukan seseorang dalam menunjukkan rasa kasih sayangnya. Ternyata aktifitas ‘sederhana’ ini memiliki beragam manfaat yang luar biasa untuk kesehatan kita. Apa saja manfaat dari berpelukan ini?
Berikut tujuh manfaat berpelukan bagi tubuh:
1.   Mengurangi depresi dan kecemasan:
Ini merupakan manfaat pertama dari berpelukan. Mengapa berpelukan dapat mengurangi depresi dan kecemasan? Karena dengan berpelukan hormon serotonin dan dopamin akan meningkat. Dengan meningkatnya hormon tadi maka depresi dan kecemasan akan berkurang dikarenakan hormon serotonin dan dopamin bersifat menenangkan.
2.  Meningkatkan daya tahan tubuh:
Ternyata berpelukan juga dapat meningkatkan sistem imum tubuh. Hal ini dikarenakan aktifitas berpelukan dapat merangsang kelenjar thymus yang mengatur produksi sel darah putih.

3.  Mengurangi Nyeri:
Selain meningkatkan hormon serotonin dan dopamin, berpelukan juga meningkatkan hormon endorfin yang dikenal ‘obat penenang’ dan mengurangi rasa nyeri pada tubuh.

4.  Baik untuk kesehatan jantung:
Selain itu, berpelukan juga meningkatkan hormon oxytosin yang bisa mengurangi resiko stroke dan serangan jantung. Detak jantung juga menjadi lebih baik.
5.  Mengurangi stress:
Tentu kita merasakan betapa berpelukan bisa membuat kita tenang yang menyebabkan stres berkurang. Ternyata hal ini dikarenakan berpelukan mengurangi hormon kortisol yang merupakan penyebab stress.
6.  Lebih bahagia:
Dengan stres yang berkurang tentu akan menimbulkan perasaan bahagia. Dimana dengan berpelukan akan merangsang pertumbuhan hormon oxytosin yang dapat menimbulkan rasa senang.
7.  Menurunkan tekanan darah:
Selain sistem imun yang meningkat berpelukan juga dapat menurunkan tekanan darah. Karena berpelukan mengaktifkan reseptor pacinian dan mengirim sinyal ke saraf vagus yang berfungsi menurunkan tekanan darah.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: