Inilah Tempat Favorit Bersarangnya Kuman di Rumah Yang Jarang Kita Sadari

Kita sering berpikir bahwa kuman hanya ada di tempat-tempat yang menjijikkan, seperti di tong sampah dan wc. Padahal faktanya tidak demikian. Kuman bukan hanya ada di tempat-tempat menjijikkan tadi. Namun, juga ditempat-tempat yang tidak kita duga sebelumnya.
Tempat-tempat apa sajakah itu? Inilah sarang kuman di rumah kita yang jarang kita sadari:
1.   Keran Air:
Ya, siapa menyangka tempat kita membersihkan segala sesuatu ini adalah tempat rawan bersarangnya kuman? Jika kita pikirkan lebih dalam kita akan langsung tahu mengapa keran air adalah tempat bersarangnya kuman. Ya, karena sebagian besar dari kita akan memengang keran air dalam kondisi tangan yang kurang bersih. Dan seramnya lagi, biasanya kita akan segera menutupnya kembali setelah membersihkan anggota tubuh kita, tanpa membersihkan kerannya terlebih dahulu.
2.  Tempat cuci piring:
Banyak dari kita berpikir bahwa tempat terkotor di rumah kita adalah kamar mandi. Padahal faktanya 45% tempat cuci piring merupakan rumah dari bakteri seperti salmonela dan E.coli. Bahkan dari studi ditemukan fakta mencegangkan dimana tempat cuci piring bahkan lebih kotor dari pada dudukan di toilet!

3.  Remote TV:
Ya, benda yang sering kita pegang ini merupakan sarang kuman berikutnya. Tampak sepele, tapi dampaknya luar biasa. Tampak bersih, tapi sebenarnya adalah tempat berkumpulnya 7.863 bakteri per cm2 . Untuk itulah, ada baiknya remote Tv ini rutin kita bersihkan.
4.  Ponsel dan gadget lainnya:
Alat canggih satu ini memang barang yang selalu hadir menemani manusia era masa kini. Kemana pun mereka pergi, alat ini selalu dibawa pergi. Maka tidak heran, ponsel menjadi salah satu alat elektronik tempat bersarangnya kuman.

5.  Handuk:
Merupakan media bertumpuknya kuman. Hal ini terasa wajar dikarenakan handuk relatif lembab yang merupakan media yang baik untuk berkembang biaknya sang kuman. Hal ini ditambah dengan mudahnya kuman memperoleh makanan di handuk. Dari mana asal makanannya? Asal makanannya berasal dari sel kulit mati yang tertempel di handuk setiap selesai kita mengeringkan badan menggunakan handuk.
Oleh karena itu jangan malas untuk mengganti handuk dan cucilah setidaknya seminggu sekali.
6.  Spon:
Dalam spon yang biasa kita gunakan untuk mencuci piring setidaknya terdapat 10 juta bakteri per inci. Untuk itu ada baiknya bersihkan spons setiap kali selesai digunakan dan ganti spons cuci piring secara reguler.
7.  Talenan:
Talenenan biasanya kita gunakan sebagai tempat untuk memotong segala sesuatunya. Mulai dari sayuran sampai memotong daging hingga kecil. Kita biasa memotong berbagai jenis makanan secara bergantian tanpa dicuci. Hal inilah menyebabkan talenan merupakan tempat yang mudah menyebarkan kontaminasi kuman.

Oleh karena itu, sebaiknya setelah selesai memotong satu jenis bahan makanan, talenan langsung dicuci, baru digunakan untuk bahan lainnya. Jangan sampai bakteri dari bahan sebelumnya pindah ke bahan yang baru karena tidak dicuci. Baca Juga: Tujuh Penyakit Yang Dapat Membunuhmu Dalam Waktu 24 Jam!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: