Beginilah Cara Agar Kartu Kredit Memberi Keuntungan Dan Manfaat Buat Kita!


Cara Memanfaatkan Kartu Kredit Dengan Benar – Apakah kartu kredit berbahaya bagi keuangan keluarga? Apa saja keuntungan menggunakan kartu kredit? Bagaimana caranya agar kartu kredit kita memiliki manfaat dan keuntungan buat kita?
Bukan rahasia lagi jika banyak orang yang terlilit hutang dikarenakan kurang bijaksana dalam menggunakan kartu kredit. Bukan hanya membuat keuangan seret tapi juga rasa malu plus hidup tidak tenang dikarenakan karena terus dikejar utang bahkan bisa sampai harus berurusan dengan debt collector.
Kalau sudah pada tahap ini akan berdampak buruk bukan saja buat Anda tapi juga buat keluarga Anda. Untuk itu, diperlukannya pengendalian diri dalam penggunaan kartu kredit. Berikut ini adalah cara memanfaatkan kartu kredit dengan benar:

1.  Membayar penuh (full payment): Sebaiknya bayarlah secara penuh sebelum tagihan jatuh tempo sehingga kartu kredit Anda tidak dikenakan bunga. Dimana biasanya bunga kartu kredit per tahun akumulatif mencapai sekitar 40-50%. Akan lebih baik lagi jika tagihan dibayar lunas dua hari sebelum jatuh tempo. Kalau beberapa kali terlambat dan tidak mampu membayar lunas, itu tandanya ada masalah dalam keuangan Anda.

2.  Perhatikan limit kartu kredit:  Jangan pernah melampui batas kredit pemakaian, karena biasanya ada biaya overlimit. Jika ada penawaran penambahan limit, hitung lagi jangan sampai Anda malah belanja lebih banyak hanya karena masih banyak limitnya.
3.  Kegunaan kartu kredit: Sebelum menggunakan kartu kredit ingatlah selalu kartu kredit memudahkan transaksi bukan digunakan sebagai kartu utang.
4.  Pemilahan dalam pemakaian kartu kredit: Seringkali karena gengsi, seseorang jadi menggunakan kartu kredit pada hal-hal yang tidak perlu. Seperti: belanja bulanan dan makan di restoran yang sebaiknya tidak perlu menggunakan kartu kredit. Dimana untuk kedua hal tersebut sebaiknya seseorang lebih baik membayar menggunakan uang tunai atau kartu debet yang sudah jelas ada uangnya.
5.  Pencatatan: Kalau sudah mulai mencicil, tanda terimanya disimpan. Ini merupakan salah satu upaya tertib administrasi dalam pengelolaan keuangan keluarga. Artinya, ada dokumentasi keuangan yang harus disimpan. Selain untuk pencatatan dan untuk me-review pemasukan dan pengeluaran, hal tersebut penting untuk menghindari penipuan. Baca Juga: Kupas Tuntas Perihal Hutang: Kapan Boleh Berhutang?, Yang Diperhatikan Sebelum Berhutang?,Perencanaan Pembayaran Hutang, Dan Penyebab Utama Mengapa Hutang Menumpuk
Itulah lima cara mudah memanfaatkan kartu kredit dengan benar. Semoga artikel ini memberikan pencerahan bagi kita semua agar kita bijak dalam penggunaan kartu kredit. Aamiin.

Subscribe to receive free email updates: