Ini Bisnis Yang Cocok Bagi Orang Yang Hobi Berbelanja!


Bisnis Titip Beli – Anda senang berbelanja? Tapi dana Anda terbatas? Mungkin Anda dapat menyalurkan hobi Anda menjadi bisnis yang menguntungkan. Anda sering pergi ke luar negeri? Atau Anda sedang menetap di luar negeri? Anda mungkin patut mencoba bisnis satu ini. Bisnis menyenangkan dengan untung yang mencegangkan. Bisnis itu adalah bisnis titip-beli.
Sebagai gambaran, bisnis titip-beli ini telah dilakoni Arsyadamar Budimansyah atau biasa dipanggil Damar pada saat berkuliah di Melbourne, Australia. Dimana bisnis ini ia jalankan setelah melihat cerahnya prospek penitipan barang dari orang-orang di sekitarnya yang biasanya menitip barang-barang yang sulit dicari atau mahal harganya di Indonesia.

Berbekal situasi tersebut, akhirnya Damar memutuskan berjualan barang dari luar negeri dari orang-orang di sekitarnya di tahun 2009. Karena semakin berkembang, akhirnya Damar bersama rekannya Shafina mendirikan Faveland. Dimana Faveland sendiri merupakan barang-barang yang ditawarkan melalui lingkaran pertemanan hingga berlanjut ke media sosial dengan akun Instagram yang bernama @faveland.

Walaupun awal mulanya bisnis ini adalah bisnis penitipan barang, tapi Damar yang memang hobi berbelanja ini tidak terpatok hal ini. Ia biasanya berbelanja barang terlebih dahulu baru kemudian ditawarkan. Hal ini ia pilih, karena ingin memanjakan pelanggannya. Dimana cara ini memang memberi banyak pilihan ke pelanggannya. Apalagi ternyata memang banyak barang pilihan Damar yang tidak terpikir oleh pelanggannya. Nah, cara inilah yang membuat pelanggannya selalu tertarik dan tidak bosan.
Tantangan bisnis ini tentu saja adalah harus bisa menjual barang yang jarang ditawarkan orang lain. Itulah sebabnya ia sering mengubek-ubek barang di tiap negara, berjalan-jalan ke toko-toko kecil agar mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan pelanggannya.
Untuk mengetahui keinginan pelanggannya, biasanya ia memotret barang yang ditemukannya. Sehingga pelanggan mengetahui barang yang akan dikirimkan kepadanya.
Adapun negara yang menjadi tujuan belanja favoritnya adalah negara Jepang. Di negeri Sakura tersebut, biasanya Damar mendapatkan barang-barang yang unik dengan kualitas yang terjamin.
Lalu, bagaimana caranya Damar menjalankan bisnis ini? caranya ternyata cukup sederhana, yaitu dengan memperhitungkan modal, biaya awal, hingga proyeksi untung yang didapat sebelum pergi berbelanja ke suatu negara.
Selain Damar, ada juga Alexander Zhuang dan Gusnawi yang mendirikan situs Titipbarang.com pada tahun 2011. Bedanya dengan Damar adalah, situs ini mengkhususkan diri menerima titipan barang dari Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan sang pendiri masih berdomisili di Negeri Donald Trump tersebut.
Selain mengkhususkan diri dipenitipan barang dari Amerika Serikat, situs ini juga berbeda dalam hal penitipan barang. Jika Damar mengkhususkan diri dibarang fashion, maka di situs ini kita bebas menitip barang apa saja.
Perbedaan lainnya adalah perihal pembayaran, jika Damar tidak mematok harga, maka berbeda dengan situs ini yang mematok harga penitipan barangnya. Di Titipbarang.com bagi barang yang berharga di bawah AS$ 2.500 (RP 32 juta) maka dikenakan biaya AS$ 20 (Rp. 262 ribu), Jika lebih dari AS$ 2.500, ongkos menjadi 5% dari harga titipan. Selain itu masih ada pula ongkos pengiriman AS$ 25 (Rp. 328 ribu) per kg.
Menurut penuturan pelaku penitipan barang dari luar negeri ini, bisnis titip beli di luar negeri sangat cerah. Hambatannya, hanya berkisar pada persaingan yang semakin hari semakin ketat. Apalagi seperti diketahui orang Indonesia masih konsumtif. Baca Juga: Enam Cara Mudah Dan Terpercaya Menjadi Orang Yang Sukses
Tertarik berbisnis titip beli ini? Ayo, buruan wujudkan impian Anda... sambil berbelanja sambil bekerja....
Loading...

Subscribe to receive free email updates: