Profil Terlengkap Jack Ma: Masa Kecil Dan Keluarga, Agama, Pendidikan, Perjalanan Hidup, Isteri, Kunci Sukses, Motivasi Dan Kata-Kata Bijak.


Profil Terlengkap Jack Ma—Bagaimana masa kecil Jack Ma? Bagaimana ceritanya Jack Ma memulai bisnis atau usahanya? Bagaimana Jack Ma berhasil menjalankan usaha dan bisnisnya? Apa agama Jack Ma? Apa motivasi dan pesan Jack Ma bagi yang ingin mengikuti jejaknya? Apa agama Jack Ma?
Jack Ma? Siapa yang tidak mengenal nama pengusaha sukses asal Tiongkok ini. Pendiri situs Alibaba ini merupakan salah satu orang terkaya di Tiongkok bahkan dunia, dengan kekayaan 34,3 miliar dolar AS (sekitar Rp. 457 triliun).
Tapi, tahukah Anda sebelum sukses seperti sekarang, Jack Ma merupakan anak ‘buangan’? Tahukah Anda bahwa Jack Ma adalah anak yang sering mengalami kegagalan dalam hidupnya?
Ya, menyibak masa lalu Jack Ma memang tidak ada yang menyangka ia akan sukses seperti sekarang. Terlebih semasa kecil ia suka berkelahi dan lahir dari keluarga yang miskin.
Penasaran akan kehidupan dari Jack Ma pendiri situs Alibaba ini? Berikut perjalanan hidup dan karier Jack Ma:

Masa Kecil dan keluarga Jack Ma:
Terlahir dengan nama Ma Yun, Jack Ma lahir pada 10 September 1964 di Hangzhou, Zhejiang Cina. Seperti disebutkan di atas, Jack Ma terlahir dari orang tua yang berekonomi rendah, dimana pekerjaan orangtuanya adalah pemusik dan pendongeng tradisional.
Jangan bayangkan masa kecil Jack Ma penuh dengan prestasi, karena pada kenyataannya lelaki sukses ini saat kecil sering membuat masalah dan sering berkelahi dengan teman sekolahnya. Itu sebabnya Jack Ma tidak lulus ujian sekolah dasar sampai dua kali, dan pada saat masuk sekolah lanjutan juga mengalami kegagalan lulus ujian bahkan sampai tiga kali! Dan saat lulus SMA dia dua kali gagal mengikuti tes masuk perguruan tinggi.
Tapi, hebatnya walaupun berulangkali gagal, ia tidak menyerah. Ia sadar betul bahwa pendidikan akan membawanya ke kehidupan yang lebih baik kelak. Akhirnya, Jack Ma diterima untuk masuk ke Hangzhou Teacher’s Institute dan lulus tahun 1988.
Mungkin banyak yang bertanya mengapa namanya menjadi Jack Ma padahal nama lahirnya adalah Ma Yun, hampir sama dengan Presiden Kita Ir. Joko Widodo, para bule pun susah menyebut nama Jack Ma yang asli. Makanya namanya berubah jadi Jack Ma (mudah diucapkan) sama halnya dengan nama Presiden kita yang diganti dengan Jokowi.

Agama Jack Ma:
Sampai saat ini belum diketahui agama Jack Ma, ketika disinggung perihal agama, Jack Ma berkata: dia bukan orang yang sangat religius, tetapi sangat tertarik dengan agama. “Saya suka agama Kristen. Saya suka agama Buddha. Saya suka Taoisme. ”Baginya, agama Buddha lebih merupakan budaya, karena telah tertanam dalam gaya hidup Tiongkok selama ratusan tahun.
Perjalanan karier dan perjalanan hidup Jack Ma yang menginspirasi:
Walaupun tidak pintar dalam hal akademik, tapi Jack Ma rupanya tahu bahwa pelajaran bahasa inggris merupakan pelajaran yang harus ia kuasai. Itulah sebabnya pada usia 12 tahun, Jack Ma belajar bahasa Inggris sendiri. Bayangkan saja selama 8 tahun, ia sengaja mendatangi turis setiap harinya agar bisa memperlancar bahasa inggrisnya. Dan dari uang yang didapatkannya, ia membeli sebuah radio sehingga ia bisa mendengarkan siaran bahasa inggris setiap hari.
Rupanya pemikiran Jack Ma tidak meleset, setelah di tolak untuk lebih 30 perusahaan (Termasuk KFC: perlu diketahui dari 24 pelamar, ke 23 pelamar diterima hanya dia seorang yang ditolak), dia akhirnya menjadi guru bahasa inggris, meski gaji yang didapatkannya tidak sepadan. Dimana ia hanya dibayar 12 dolar (Rp. 160.000) saja perbulannya.
Karena ingin kehidupan yang lebih baik, Jack Ma pergi ke Amerika Serikat pada tahun 1995. Nah, di negara inilah ia mengenal internet. Kata pertama yang dia cari adalah ‘beer’. Tapi ia kaget ternyata kata tersebut, dia kemudian memiliki ide untuk membuat e-commerce.
Empat tahun berselang (1999), ia mengumpulkan teman-temannya di apartemennya. Ia kemukakan gagasannya untuk membuat pasar online. Tentu saja banyak meragukan akan gagasan Jack Ma. Selain belum berpengalaman, Jack Ma juga bukanlah seseorang yang jago komputer apalagi jago coding.
Tapi berkat semangat juangnya, ia berhasil mengumpulkan dana patungan bersama teman-temannya sebesar US$ 60.000 untuk mendirikan situs Alibaba. Dari modal patungan tersebut, dia berhasil menjadikan Alibaba menggurita serta memiliki berbagai jenis usaha seperti Tmall.com, eTao, Taobao Markerplace, Yahoo! China dan sebagainya.
Lalu, mengapa Jack Ma memilih nama Alibaba sebagai nama situsnya? Padahal nama Alibaba adalah berkonotasi atau identik dengan kisah dari Timur Tengah. Ternyata nama Alibaba muncul ketika ia meminum kopi di sebuah kafe di San Francisco, Amerika Serikat. Nama Alibaba tersebut, sangat kuat melintas dipikirannya. Tanpa ragu, ia mengambil nama tersebut sebagai nama perusahaannya.
Isteri Jack Ma:
Saat ini Jack Ma telah mempunyai isteri yang cantik yang bernama: Cathy Zhang
7 Kunci Kesuksesan Jack Ma di Alibaba
Walaupun penuh dengan liku, namun rupanya keyakinan Jack Ma akan Alibaba rupanya benar. Berkat Alibaba tersebut, nama Jack Ma tidak hanya melesat di Tiongkok tapi juga dunia. Kehadirannya selalu berhasil menyedot perhatian banyak orang.
Adapun 7 kunci sukses Jack Ma adalah:
1.   Menghargai dan mempunyai semangat positif: ketika ia melakukan kesalahan, Jack Ma tidak ragu untuk merekrut atau menyewa pelaksana profesional dan terpercaya.
2.  Visi yang sama yang menuju masa depan: Jack Ma lebih memilih karyawan berdasarkan tujuan dibandingkan pigur. Dan untuk seorang pemimpin menurutnya harus memiliki visi kedepan yang lebih baik. maka tidak heran ia memberikan ruang untuk pemikiran kreatif serta keterampilan yang tinggi.
3.  Tak ada lawan: tidak ada lawan dikamus Jack Ma, menurutnya lawan diibaratkan sebagai seorang rekan saling belajar dan mendukung.
4.  Mencintai hidup: walaupun ia pekerja keras, tapi ia tahu hidup bukan semata-mata untuk bekerja, karena menurutnya jika kita menghabiskan hidup untuk bekerja, maka nantinya kita akan menyesal.
5.  Memperkerjakan orang dengan kemampuan super: Jack Ma berpikiran bahwa karyawan yang direkrut haruslah lebih terampil dari kita.
6.  Gigih: seorang pemimpin harus bisa menggerakkan tim untuk mencapai tujuan bersama.
7.  Tak pernah menyerah: Jika kita menyerah maka itu asalah kegagalan terbesar di hidup kita.
Kutipan Motivasi dan kata-kata bijak dari Jack Ma:
‘Saya mendengar banyak anak muda yang memikirkan hal yang luar biasa setiap malam. Tapi sayang, pagi harinya dia masih pergi ke kantornya. Buatlah perubahan. Buatlah tindakan.’
‘Orang gagal adalah orang yang keseluruhan hidupnya adalah menunggu. Maka, segeralah membuat tindakan!’
‘Jangan pernah menyerah. Hari ini memang sulit, besok akan lebih buruk, tetapi lusa akan menjadi cerah’.
‘Anda harus belajar dari pesaing Anda, tapi jangan pernah mencontek. Contek maka Anda akan mati’.
‘Apa sesungguhnya kegagalan? Kegagalan adalah ketika Anda berhenti berjuang untuk apa yang Anda inginkan’.
‘Hanya orang bodoh berbicara keluar dari mulut mereka. Orang-orang cerdas berbicara dengan diri mereka sendiri hanya dikepala mereka. Sedangkan orang bijaksana berbicara dalam hati mereka.’ Baca Juga: Cara Mudah Dapatkan Uang Miliaran Rupiah Dari Pekerjaan Ini
Loading...

Subscribe to receive free email updates: