Tujuh Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Dilakukan Oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN)


Bisnis apa yang cocok dilakoni oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Inilah pertanyaan yang sering muncul dibenak para pegawai pemerintah yang ingin menambah penghasilan. Di bawah ini adalah beberapa pekerjaan sampingan yang dapat dilakoni oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Tujuh bisnis yang cocok dilakoni Pegawai Negeri Sipil (PNS):
1.      Beternak:
Ini merupakan pekerjaan sampingan yang dapat dikerjakan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini dikarenakan beternak tidak menyita waktu untuk menjalaninya. Anda dapat meluangkan waktu memberinya makan sebelum turun kerja dan fokus merawatnya setelah pulang kerja.
Adapun hewan ternak yang dapat Anda geluti seperti: beternak ayam, bebek, kambing, burung, udang, ikan bahkan sampai sapi.

2.     Toko Online:
Dengan perkembangan zaman, kebutuhan akan kebutuhan sehari-hari semakin dipermudah dengan hadirnya toko online. Selain mempermudah orang untuk mendapatkan barang yang diinginkan, secara otomatis juga membuka peluang usaha bagi banyak orang tak terkecuali PNS. Dengan meluangkan waktu 2-3 jam/hari di depan laptop Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini.
Barang apa yang akan Anda jual di Toko Online Anda? Tergantung minat dan peluang yang Anda miliki: Anda dapat menjual pakaian, obat tradisional, jam tangan maupun menjual beragam tas hingga sepatu.

3.     Berjualan:
Ya, berjualan dapat dimanfaatkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Anda bisa membuka usaha warung sembako (jika kerja bisa dititip ke keluarga), berjualan nasi goreng, ice cream, maupun berjualan kue hasil produksi sendiri.
4.     Blogger:
Jika Anda hobi menulis, tidak salahnya untuk mencoba pekerjaan satu ini. Selain tidak boros waktu, dengan menjadi blogger juga dapat menambah penghasilan. Bukan rahasia lagi jika pekerjaan satu ini banyak menghasilkan pundi-pundi rupiah ke kantong Anda.
Bagaimana caranya menjadi blogger? Caranya cukup mudah, Anda tinggal mendaftar sebagai blogger di situs: blogger.com dan mengisi artikel perharinya. Jika artikel Anda sudah cukup banyak, Anda bisa mendaftar di Google Adsense untuk pemasangan iklan, yang mana nantinya dari pemasangan iklan inilah Anda akan mendapatkan uang tambahan. Jika Anda berminat menjadi blogger, Anda dapat search cara mudah membuat blog dan cara menghasilkan uang dari blog yang banyak bertebaran di Internet.
5.     Youtuber:
Jika Anda tidak menyukai dunia tulis menulis, mungkin ada baiknya Anda bergabung menjadi Youtuber. Caranya gampang, Anda tinggal mendaftar di YouTube dengan cara memposting video sebanyak-banyaknya. Setelah memiliki banyak video dan jumlah yang memadai, Anda dapat mendaftar ke Google Adsense untuk pemasangan iklan. Jika Anda sudah tergabung dengan pengiklanan ini dijamin pundi-pundi rupiah akan dengan mudah Anda kumpulkan.
6.     Pengajar:
Ini bukan hanya domain guru. Setiap kita pasti memiliki pengetahuan terhadap bidang tertentu. Misalnya kita memiliki ilmu tentang pertanian, kita dapat menyebarkan pengetahuan kita dengan mengadakan pelatihan mengenai pertanian, jika kita seorang guru kita dapat membuka bimbingan belajar atau populer dengan kata bimbel untuk menambah penghasilan.
7.     Bercocok tanam:
Dizaman modern ini, bercocok tanam tidak mesti dilahan yang luas. Di lahan yang sempit pun bisa dan uang yang dihasilkan pun terbilang tidak sedikit. Ambil contoh bertanam dengan cara hidroponik, selain menghemat tempat, bertaman dengan cara ini juga memberi keuntungan berlebih dikarenakan harga jualnya yang tinggi. Dan kabar baiknya lagi, bercocok tanam dengan hidroponik ini juga tidak memakan waktu yang lama sehingga cocok dilakoni oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS). Baca Juga: Ini Bisnis Yang Cocok Bagi Orang Yang Hobi Berbelanja!

Subscribe to receive free email updates: