Wajib Tahu! Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit Dibandingkan Uang Tunai!


Keuntungan Dan Kerugian Kartu Kredit – Apa keuntungan atau manfaat yang didapat jika kita menggunakan kartu kredit dibandingkan uang tunai? Apa saja kerugian penggunaan kartu kredit dibandingkan dengan uang tunai? Mana yang lebih baik dipilih,  kartu kredit atau uang tunai? Itulah beberapa pertanyaan seputar penggunaan kartu kredit.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut akan kami uraikan keuntungan dan kerugian menggunakan Kartu Kredit:
Kelebihan Dan Keuntungan Kartu Kredit Dibandingkan Uang Tunai:

1.  Aman:
Ya, ini merupakan poin kelebihan kartu kredit dibandingkan uang tunai. Mengapa? Karena tidak seperti uang tunai, kartu kredit tidak bisa digunakan semabarang orang kecuali orang yang memiliki kartu tersebut.
Jadi walaupun kartu kredit kita hilang atau digunakan oleh orang lain, kecil kemungkinannya dapat digunakan orang lain, dibandingkan dengan uang tunai yang dapat langsung digunakan orang yang menemukannya untuk langsung dibelanjakan atau disimpan sebagai tabungan pribadinya.
Ditambah dengan kemajuan teknologi terkini yang mampu mendeteksi siapa pemakai kartu kita tanpa izin. Sehingga kartu kredit yang kita gunakan tingkat keamanannya lebih tinggi dibandingkan uang tunai.
2. Likuid:
Di zaman modern ini, kartu kredit bisa dibilang lebih likuid dibandingkan dengan uang tunai. Tidak percaya? Cobalah Anda melakukan perjalanan keluar negeri, sangat dimungkinkan uang rupiah Anda susah untuk diterima di salah satu negara.
Hal berbeda dengan kartu kredit (yang bekerjasama dengan lembaga keuangan global) yang kemungkinan diterimanya lebih besar.

3. Rinci dan Tercatat:
Jika Anda tipe yang malas melakukan perincian belanjaan, maka kartu kredit adalah solusinya. Kenapa? Karena setiap transaksi yang kita lakukan akan tercatat dengan baik. Yang tentu saja berbeda dengan transaksi melalui uang tunai yang harus kita catat kembali kepembukuan jika kita ingin mengetahui pengeluaran kita terdahulu.
4. Menunda Pembayaran:
Ya, walaupun hal ini memiliki dampat negatif, tapi jika kita pintar mengatur keuangan hal ini tidak akan terlalu menjadi masalah. Dimana fitur dari kartu kredit memberi kelebihan yang dapat menunda pembayaran. Tapi, ingat penundaan pembayaran ini hanya bersifat sementara dalam artian Anda harus membayarnya dalam jangka waktu tertentu berikut dengan bunganya!
Adapun Kerugian Penggunaan Kartu Kredit Adalah sebagai berikut:
1.  Jika Belanja Tidak Dikontrol Hutang Akan Menumpuk:
Penggunaan kartu kredit kadang membuat pemakainya merasa memiliki uang yang banyak. Hal ini didasari oleh dapatnya pengguna kartu kredit menunda pembayaran. Sehingga mereka dengan bebas membelajakan ‘uang kartu kredit’ tanpa berpikir panjang akan masa depannya. Kalau ini terus-terusan dilakukan, maka hari demi hari hutang akan bertumpuk!
Untuk menghindari hal di atas, sebaiknya pikir-pikirlah dahulu sebelum berbelanja. Ingatlah selalu pada dasarnya penggunaan uang kartu kredit sama halnya dengan uang tunai. Dimana jika uang kita habis kita tidak akan bisa memenuhi kebutuhan hidup kita kedepannya. Walaupun pembayarannya bisa ditunda, tapi itu sama artinya dengan kita berhutang. Jika hutang kita bertumpuk maka hancurlah perekonomian kita!
2. Pembayaran Bunga dan Biaya Lain:
Biasanya ditahun pertama pemakaian kartu kredit kita akan digratiskan biaya tahunan, tapi ditahun selanjutnya kita akan membayar biaya tahunannya. Bank mengenakan bunga untuk setiap hutang yang kita miliki, jadi jika dihitung secara seksama membayar hutang akan lebih mahal daripada awal pengeluaran.
Dan jika kita lupa membayar hutang tepat waktu, maka siap-siap kita akan dikenakan biaya penalti sehingga hutang yang  harus kamu bayar kan semakin mahal.
3. Tingkat Bunga Terlalu Tinggi:
Pada Umumnya, Kartu kredit memiliki tingkat suku bunga antara 10% dan 20%, yang terakumulasi dengan sangat cepat. Untuk itu jika Anda ingin memakai kartu kredit ada baiknya meminta kartu kredit yang menawarkan tingkat suku bunga rendah. Baca Juga: Dimana Sebaiknya Menyimpan Atau Menginvestasikan Uang Agar Mendapatkan Keuntungan Berlipat?
Loading...

Subscribe to receive free email updates: