Empat Prinsip Agar Keuangan Keluarga Tetap Aman Dan Terkendali


Bagaimana cara agar keuangan keluarga tetap aman dan stabil? Bagaimana cara agar keuangan keluarga terus meningkat dan beranak pinak? Bagaimana cara pengelolaan keluarga yang baik? Itulah beberapa pertanyaan seputar keuangan keluarga.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, sebaiknya kita mengikuti empat prinsip di bawah ini. Dimana untuk mencapai keuangan keluarga yang baik dan meningkatkan kesejahteraan tidak boleh lepas dari beberapa hal di bawah ini:
1.  Kendalikan Dan Tekan Pengeluaran Konsumtif:
Poin pertama ini merupakan hal penting dalam mengatur keuangan keluarga agar tetap stabil. Mengapa? Karena jika kita bisa mengontrol pengeluaran konsumtif maka keuangan keluarga akan aman. Sebaliknya, jika kita tidak bisa mengontrol pengeluaran konsumtif maka seberapa besarpun penghasilan keluarga kita akan jebol juga.

Ingatlah selalu jangan sampai besar pasak dari pada tiang. Besar pengeluaran dari pada pendapatan. Untuk mengendalikan dan menekan pengeluaran konsumtif keluarga sebaiknya dikelola secara bijak. Caranya bisa dengan mencatat apa saja kebutuhan pokok keluarga yang harus dipenuhi. Ingat kebutuhan bukan keinginan keluarga. Kalau memenuhi keinginan sebuah keluarga penghasilan seberapa besarpun akan habis.

Jika kebutuhan keluarga belum juga bisa terpenuhi, kita dihadapkan pada dua pilihan, pertama: mencari sumber penghasilan tambahan dan kedua memperketat pengeluaran keluarga.
2. Tidak Terjebak Hutang:
Berhutang tidak selalu salah, ada hutang yang diperbolehkan, yaitu: hutang yang dapat menaikkan sumber penghasilan Anda. Misalnya saja Anda berhutang karena ingin membuat rumah lagi yang suatu waktu nilainya akan semakin naik.
Tapi, jika Anda ingin berutang karena utang konsumtif maka itu tidak benar. Karena utang konsumtif akan membuat kekayaan atau penghasilan Anda akan berkurang. Itulah sebabnya utang menjadi hal penting dalam proses mencapai tujuan kesejahteraan keluarga.
3. Memiliki Investasi Masa Depan:
Ya, untuk meningkatkan keuangan keluarga Anda harus berinvestasi untuk masa depan. Karena jika hanya mengandalkan dana yang disisihkan tiap periode (Menabung) tanpa adanya kekuatan untuk bisa berkembang, maka dana tadi akan bergerak tidak seimbang dibandingkan dengan kejaran inflasi dan kebutuhan yang terus mengalami kenaikan tiap tahunnya. Oleh karena itu, investasi menjadi senjata andalan kita dalam mengejar hal tadi sehingga tujuan kesejahteraan bisa lebih tercapai.
Untuk jenis investasi Anda bisa memilih jenis investasi sesuai kebutuhan Anda, bisa investasi emas, investasi rumah, menanam uang di deposito, reksana bahkan saham yang biasanya menawarkan keuntungan berlipat ganda.
4. Miliki Asuransi:
Dikehidupan ada beberapa hal yang tidak bisa kita prediksi. Misalnya saja tiba-tiba seseorang mengalami kecelakaan yang bisa membuat keuangan jebol karena mahalnya biaya perawatan dan kesehatan di Rumah Sakit. Atau bisa juga seorang karyawan di PHK yang membuat sumber penghasilan menjadi terhenti.
Kematian, sakit, hilangnya kekayaan karena bencana adalah beberapa resiko yang membuat rencana menuju kesejahteraan bisa gagal. Semua tadi bisa diatasi jika kita memiliki asuransi. Asuransi memang bukan cara untuk mencapai kesejahteraan tapi bila ada hambatan (seperti disebutkan diatas) maka asuransi adalah penjamin dari masalah  yang timbul. Baca Juga: Rumus Mengatur Keuangan Keluarga Agar Tetap Stabil Dikeadaan Sulit!

Subscribe to receive free email updates: