Inilah Langkah Yang Ditempuh Jika Klaim Asuransi Tidak Dibayarkan!


Bagaimana bila klaim asuransi tidak dibayar? Apa tindakan yang perlu dilakukan jika klaim asuransi tidak dibayar? Apakah sebaiknya menutup asuransi? Itulah beberapa pertanyaan yang sering muncul perihal klaim asuransi. Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah jawaban bila klaim asuransi tidak dibayar:
Sebelum menjawab pertanyaan di atas, mari kita membahas tentang asuransi. Asuransi adalah produk proteksi yang melindungi dan menjamin terwujudnya tujuan keuangan yang ingin dicapai seseorang. oleh karena itu produk asuransi disebut sebagai produk keuangan kontraktual yaitu produk keuangan yang cara kerjanya berdasarkan kontrak yang dibuat nasabah asuransi dengan pihak perusahaan asuransi.

Nah, yang perlu diingat adalah seperti halnya kontrak atau perjanjian lainnya maka akan ada syarat dan ketentuan berlaku di dalam kontrak tadi. Dimana kontrak asuransi akan tercatat dalam sebuah perjanjian (polis) yang dibuat oleh perusahaan asuransi dan diterima oleh nasabah.
Kembali kepertanyaan awal tadi, bagaimana bila klaim asuransi tidak dibayar?
Hal pertama yang mesti Anda lakukan adalah mempelajari dan mengerti perjanjian yang tertuang di polis tadi. Langkah selanjutnya, jika Anda tidak melanggar ketentuan isi polis yang disepakati, maka Anda sebagai nasabah berhak mendapatkan manfaat asuransi atas resiko yang terjadi. Dimana pihak asuransi berkewajiban memberikan hak tadi sesuai kesepakatan kontrak.

Biasanya penolakan klaim hanya terjadi apabila syarat dan ketentuan klaim tidak sesuai dengan perjanjian yang disepakati. Tapi, bila Anda tidak mendapatkan klaim  dikarenakan Anda melanggar isi polis sementara Anda tidak merasa melanggarnya, ada baiknya memahami isi polis kembali. Misalnya saja, seperti hal-hal teknis seperti: jenis penyakit yang tidak kita mengerti, mungkin dipikiran kita semua penyakit tercover oleh asuransi tapi ternyata ada penyakit tertentu yang tidak tercover. Untuk penyelesaian masalah, asuransi biasanya ada lembaga mediasi untuk penyelesaian sengketa sebagai tahapan awal. Baca Juga: Cara Terbaik Dalam Memilih Asuransi Kesehatan Yang Sangat Bermanfaat Buat Keluarga Anda!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: