Tips Dan Trik Cerdas Berbelanja Agar Pengeluaran Keluarga Tetap Terjaga!


Mana yang lebih hemat, belanja bulanan atau harian? Belanja grosiran atau perbiji? Itulah pertanyaan singkat namun menggelitik siapapun yang membacanya. Terlihat sepele, tapi akan terasa besar perbedaannya. Lalu yang manakah lebih efektif dalam menjaga keuangan keluarga kita? Belanja bulanan ataukah belanja harian? Belanja sekali banyak ataukah ketengan?
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara menghemat pengeluaran dari belanja. Membahas mana yang lebih baik, berbelanja bulanan ataukah belanja harian?, Membeli secara grosir atau ketengan?

Terkadang kita selalu bertanya, sebenarnya mana yang lebih menguntungkan. Belanja secara bulanan ataukah belanja secara harian? Belanja grosiran ataukah ketengan?
Sebenarnya untuk menentukan mana yang lebih menguntungkan tergantung pada situasi dan kondisinya. Jika barang yang kita beli adalah barang yang mudah rusak atau busuk maka sebaiknya kita berbelanja harian, tapi jika kita membeli barang yang tidak mudah rusak atau busuk maka sebaiknya membeli barang secara bulanan.

Sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, daging, makanan olahan merupakan contoh makanan yang sebaiknya dibeli secara harian. Tapi, jika barang yang kita beli adalah: sabun, pasta gigi, diterjen, dan pembersih lantai maka membeli barang secara bulanan akan lebih menguntungkan.
Keuntungan membeli barang secara bulanan, yaitu: harganya lebih murah dan tentu saja akan membuat kita tidak tergoda pergi ke tempat perbelanjaan untuk membeli barang lagi karena kita sudah memiliki persediaannya. Sedangkan keuntungan membeli secara harian (barang mudah rusak) adalah bahan yang kita beli masih segar dan penuh dengan kandungan nutrisi.
Lanjut kepertanyaan kedua, mana yang lebih menguntungkan belanja secara grosir atau ketengan? Sama seperti pertanyaan pertama, itu juga tergantung kondisi. Jika barang yang dibeli adalah barang yang mudah rusak/busuk, sebaiknya jangan membelinya secara grosir, sebaliknya jika yang kita beli adalah barang yang tidak mudah rusak maka sebaiknya beli barang secara grosir yang akan membuat harga barang dapat ditekan. Baca Juga: Dana Kecelakaan Maupun Bencana: Dana Yang Harus Dipersiapkan Oleh Keluarga Anda!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: