Bingung Memulai Bisnis Atau Usaha? Ini Tiga Kunci Cara Hebat Memulai Bisnis Atau Usaha!


Cara memulai bisnis atau usaha – Seringkali kita bingung dari mana memulai sebuah bisnis atau usaha? Apa usaha atau bisnis yang akan dijalankan? Dengan pemikiran tadi, kita akhirnya hanya berangan-angan atau bermimpi saja atas usaha yang kita lakukan. Hingga akhirnya kita tidak memulai suatu bisnis atau usaha seperti yang kita impikan.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, sebenarnya ada tiga kunci untuk memulai berbisnis atau membagun usaha, yaitu:

1.  Hobi:
Kita bisa memulai bisnis atau usaha kita dari hobi kita sendiri. Misalnya saja kita menggemari dunia masak memasak atau dunia kuliner. Kita bisa membuka bisnis katering, warung makan, jadi Youtuber, dan lain sebagainya.
Memulai bisnis atau usaha dari hobi ini akan terasa menyenangkan. Hal ini dikarenakan bidang yang kita kerjakan adalah sesuatu yang kita senangi atau gemari.  Tapi, harap berhati-hati karena bisnis yang dilakukan berdasarkan hobi sering membuat pemiliknya melakukannya tidak secara profesional.
Agar bisnis atau usaha Anda berhasil, Anda harus mengelola hobi Anda ini secara profesional. Harus ada target yang ingin dicapai, anggaran yang jelas, dan sistem manajemen yang benar.

2. Keahlian:
Seseorang yang telah melakukan pekerjaannya selama beberapa waktu pasti menguasai pekerjaannya dengan kemampuan berbeda dengan kebanyakan orang. Misalnya saja Anda mempunyai keahlian menjahit, pasti berbeda dengan orang kebanyakan yang tidak bisa mengoperasikan alat mesin jahit.
Dengan keahlian tersebut, Anda dapat membangun bisnis atau usaha dengan membuka usaha jahit menjahit. Kalau Anda berbakat dengan merancang pakaian, Anda bisa menjadi desainer.
3. ATM (Amati, Tiru, Dan Modifikasi):
Kalau Anda merasa tidak mempunyai hobi dan keahlian, mungkin cara ketiga dapat Anda dapat aplikasikan dalam memulai sebuah bisnis atau usaha. Bila Anda melihat pekerjaan atau bisnis yang dilakukan seseorang bisa dengan mudah Anda jalankan dan kerjakan, maka Anda bisa memakai metode ini.
Misalnya saja Anda melihat sebuah situs toko online, lalu Anda merasa bahwa Anda bisa melakukan hal seperti itu. Tidak ada salahnya untuk meniru toko online tersebut. Anda bisa menjual barang yang sama dengan harga yang sama. Tapi, mungkin cara pemasarannya yang berbeda.
Tapi ingat bahwa memang benar meniru bukanlah sesuatu yang diharamkan dalam dunia bisnis, namun dengan etika bisnis yang baik. Bukan dengan memakai produk atau merk yang sama,bentuk yang sama terlebih dengan mengakui milik orang lain menjadi milik sendiri. Baca Juga: Ini Lima Tanda Anda Harus Resign Atau Berhenti Dari Pekerjaan Anda Sekarang!

Loading...

Subscribe to receive free email updates: