Bolehkah Pasta Gigi Orang Dewasa Dipakai Oleh Anak-Anak? Ini Dia Jawabannya!


Pasta Gigi Dewasa Untuk Anak-Anak – Bolehkah pasta gigi dewasa dipakai untuk anak-anak? Itulah salah satu pertanyaan yang sering diajukan para ibu-ibu yang ingin menghemat pengeluaran rumah tangga. Untuk menjawab pertanyaan ini, kami uraikan jawabannya untuk Anda.
Pasta gigi dewasa yang beredar saat ini kebanyakan adalah pasta gigi yang mengandung flor yang tinggi, termasuk pada pasta gigi anak-anak. Padahal, anak-anak usia dibawah empat tahun seharusnya menggunakan pasta gigi yang sama sekali tidak mengandung fluor.

Apa bahayanya jika kebanyakan fluor atau fluorida pada tubuh? penambahan asupan flourida 0,1 mg/kg berat badan/hari saja dapat menimbulkan gigi burik. Dimana gigi tak lagi putih secara alami yang sehat melainkan pucat dan buram. Selain itu akan terjadi kerusakan enamel secara kualitatif dapat terjadi karena peningkatan konsentrasi fluor selama pembentukan enamel gigi. Bila sudah parah, kelebihan fluor juga membuat gigi lebih gelap dan enamel gigi menjadi rapuh.

Jika sudah terjadi hal demikian (flurosis) yang kronis bisa menyebabkan penyakit yang merembet ke area penyakit tulang dan abonormalitas sendi. Selain itu bisa berdampak pada kesehatan reproduksi, kerusakan otak, bahaya terhadap IQ, masalah pubertas dini, serta terganggunya fungsi tiroid.
Lalu, apa yang terjadi jika kita kekurangan fluorida? Kasus ini sangat jarang terjadi. Karena fluorida bisa didapat dari kandungan air, dan makanan yang ditambahi mineral ini.
Kesimpulannya: sebaiknya anak usia di bawah empat tahun memakai pasta gigi anak yang bebas fluorida atau fluor. Anak-anak boleh memakai pasta gigi orang dewasa jika telah berusia 5 tahun ke atas. Dengan catatan, pasta gigi digunakan hanya sebutir jagung, lalu diratakan di atas sikat gigi, barulah dipakai untuk menggosok gigi. Baca Juga: Daftar Makanan Penyehat Dan Perusak Gigi

Loading...

Subscribe to receive free email updates: