Mengapa Penderita Demam Berdarah (DBD) Mengalami Perdarahan (Mimisan, Gusi Berdarah, Maupun Buang Air Besar Hitam)?


Mengapa bisa terjadi perdarahan (Mimisan) pada pasien Demam Berdarah Dengue (DBD)? Apa penyebab terjadinya Mimisan, Buang air besar hitam, gusi berdarah pada Demam Berdarah Dengue (DBD)? Bagaimana proses terjadinya perdarahan pada penderita Demam Berdarah Dengue (DBD)? Itulah beberapa pertanyaan seputar perjalanan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah alasan mengapa terjadi perdarahan pada Demam Berdarah Dengue (DBD):

Mengapa terjadi perdarahan pada pasien Demam Berdarah Dengue (DBD)? Hal ini dikarenakan kurangnya jumlah trombosit dalam darah. Karena seperti diketahui trombosit berguna untuk menghentikan perdarahan dalam tubuh karena fungsinya sebagai pembeku darah. Itu sebabnya penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) dianjurkan untuk tirah baring, dianjurkan untuk memakai sikat gigi yang lembut, dilarang mengorek atau membersihkan hidung dengan kasar agar tidak terjadinya perlukaan tubuh. Karena jika sudah terjadi perlukaan akan trombosit akan susah menghentikan perdarahan tersebut.

 Selain di luar tubuh, pendarahan juga bisa terjadi di dalam tubuh. Jika ada perlukaan di lambung, sementara trombosit kurang maka bab kita akan berwarna kehitaman. Umumnya yang menyebabkan adanya kebocoran pada tubuh dikarenakan masuknya virus dengue ke dalam sirkusasi darah yang menyebabkan permebialitas (kemampuan darah ditembus cairan) membuat pembuluh darah kapiler bocor sehingga cairan plasma keluar dari pembuluh darah ke jaringan tubuh. dimana Hal ini yang menyebabkan jumlah trombosit makin berkurang, karena untuk menutupi kebocoran tersebut tubuh mengirimkan trombosit untuk ‘menambal’ kebocoran di pembuluh darah yang bocor.
Jika trombosit sudah turun maka pada akhirnya akan mudah terjadinya perdarahan pada penderita Demam Berdarah Dengue (DBD). Dimana perdarahan bisa terjadi melalui mimisan, gusi berdarah, dan buang air besar (BAB) berwarna hitam. Kenapa penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) sering mengalami mimisan? Karena pembuluh darah di hidup tipis sehingga ada suatu gerakan dihidung bisa menyebabkan perlukaan. Baca Juga: Benarkah Anak Diare Tidak Boleh Minum Susu? Ini Dia Jawabannya!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: