Mau Tahu Sistem Keamanan Presiden Amerika Serikat? Ini Dia...

Bagaimana sistem keamanan seorang Presiden Amerika Serikat? Tentu saja sangat ketat. Itu pasti anda ketahui. Tapi, seberapa ketat keamanan seorang Presiden, mungkin tidak semua orang tahu.
Bagi seorang presiden, masalah keamanan selalu nomor satu. Apalagi seorang predisen Negara Adidaya sekelas Amerika Serikat. Bayangkan saja, ke toilet saja seorang presiden Amerika Serikat ditunggui oleh pengawal. Apalagi ketika dia berpergian. Akan banyak mobil yang identik dengan mobilnya, hal ini tentu saja untuk menghindari kemungkinan presiden jadi sasaran empuk pembunuhan.

Hal yang mungkin ‘agak’ mencegangkan adalah apabila seorang presiden Amerika Serikat minum dalam acara di luar Gedung Putih, gelas yang baru saja digunakannya akan diamankan untuk dihancurkan oleh pegawal. Hal ini dilakukan dalam hal jaga-jaga, jangan sampai sembarang orang dapat mengakses DNA sang Presiden.

Selain itu, seorang Presiden Amerika Serikat juga dibekali dengan tombol darurat. Mengenai bentuk tombol darurat ini sangatlah sederhana, seperti kartu kredit. Yang mana kartu ini disimpan di saku presiden Amerika Serikat, satu di samping tempat tidurnya dan satunya di tempatkan di meja kerja presiden.
Lalu, bagaimana cara kerja dari tombol darurat ini? Cara kerjanya pun sangat sederhana. Bila seorang Presiden Amerika Serikat dalam keadaan terdesak, ia tinggal meremas kartu tadi, maka pengawalnya akan segera mendatangi orang nomor satu di Amerika Serikat itu.
Perlu diketahui, sebelum munculnya tombol darurat berupa kartu ini, dahulu ketika George H. W Bush menjabat sebagai presiden, tombol darurat ini berupa miniatur nonumen Washington setinggi 7,5 cm. Dimana untuk memanggil pegawalnya, Presiden maupun wakil Presiden Amerika serikat tinggal menggulingkannya.

Disinilah awal perubahan tombol keamanan tersebut, ketika masa Dan Quale (Wakil Presiden George H W. Bush) sedang asik-masyuknya dengan sang istri, tiba-tiba tanpa sengaja ia menyenggol monumen Wahington hingga terjatuh. Tidak menunggu lama, dalam hitungan detik saja, pintu kamar Wakil Presiden ini langsung didobrak, lampu menyala terang benderang , dan Istri Wakil Presiden (Ny. Quale) langsung dibanting ke lantai sementara para pengawal mengerubuti sang wakil presiden untuk melindunginya.  Bisa dibanyangkan betapa syoknya Isteri Wakil Presiden diberlakukan seperti itu hanya karena mereka berdua tak sadar menjatuhkan monumen Washington!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: