Delapan Cara Menyehatkan Dan Mencerdaskan Otak

Bagaimana caranya mencerdaskan dan menyehatkan otak? Sebenarnya tidak begitu susah dalam mencerdaskan dan menyehatkan otak. Kebiasaan sehari-hari bisa kita manfaatkan untuk itu. Mau tahu caranya? Berikut adalah langkah-langkah agar otak anda sehat dan cerdas:
1. Olahraga
Mengapa olahraga dapat menyehatkan dan mencerdaskan otak? Karena dengan berolahraga seseorang dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan tingkat stres sehingga otak berpikir lebih efisien, elastis dan adaptif.
2. Diet sehat:
Jika ingin sehat pasti anda disarankan untuk mengatur diet anda. Maka, makanlah makanan yang mengandung nutrisi seimbang. Seperti vitamin B, yang mana vitamin ini banyak ditemukan pada sayur berwarna hijau dan biji-bijian.
3.Stimulasi Mental:

Cara selanjutnya agar otak anda cerdas dan sehat adalah dengan menstimulasi otak anda. Bagaimana caranya? Caranya sederhana,bisa melalui: membaca buku, bermain puzzle, mengerjakan kerajinan tangan atau hanya dengan bermain catur.

4. Jaga tekanan darah dan gula darah anda
Tekanan darah tinggi (hipertensi) dapat memacu penurunan fungsi kognitif di masa tua dan gula darah tinggi dapat menyebabkan demensia.
5. Jaga emosi anda
Jika anda tidak dapat mengontrol emosi anda, seperti mudah marah, cemas, depresi biasanya kemampuan kognitifnya berkurang.
6. Lindungi kepala
Saat berkendara, sebaiknya gunakan helm atau pelindung kepala jika bekerja di wilayah yang dapat membahayakan kepala.
7. Hindari komsumsi rokok dan meminum alkohol
Kita tahu bersama bahwa kedua bahan ini sangat berbahaya bagi kesehatan kita.Termasuk untuk kesehatan otak anda. Oleh sebab itu tinggalkanlah kedua bahan diatas jika ingin otak anda sehat dan cerdas.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: