Lima Hal Yang Wajib Dihindari Setelah Makan

Hal apa yang mesti dihindari sehabis makan? Sering kali kita mendengar kalau sehabis makan kita tidak boleh tidur. Konon katanya kalau habis makan langsung tidur badan akan mudah gemuk. Benarkah demikian?
Berikut adalah lima hal yang mesti dihindari sehabis makan:
1.   Makan buah: ini yang sering dilakukan orang setelah makan. Kebanyakan dari kita menganggap kebiasaan makan buah setelah makan akan baik buat kesehatan pencernaan kita. padahal faktanya berkata lain. Dengan memakan buah sesudah makan justru dapat mengganggu sistem pencernaan dan merusak sisa makan diperut. Lalu, kapan sebaiknya kita memakan buah? Makanlah buah sebelum makan atau 1 jam sesudah makan.

2.  Berjalan: jika kita berjalan selepas makan maka akan dapat mengakibatkan refluks asam dan gangguan pencernaan. Organ pencernaan juga akan bekerja lebih keras dan sulit menyerap nutrisi makanan. sebaiknya dilakukan sekitar 10-30 menit sehabis makan.

3.  Tidur: Ya, ini bukan mitos. Sebaiknya sehabis makan jangan langsung tidur. Mengapa? Karena dapat menghambat makanan masuk ke dalam organ pencernaan, sehingga menyebabkan asam lambung meningkat. Resiko obesitas juga dapat meningkat. Jika ingin tidur, sebaiknya dilakukan dua jam sehabis makan.
4.  Merokok: Ya, kegiatan ini memang tidak baik dilakukan, apalagi setalah makan. Dimana seperti diketahui merokok dapat menyebabkan terganggunya sistem pencernaan, ditambah lagi , sirkulasi darah setelah makan meningkat drastis, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada otot usus besar, paru-paru, ginjal dan sakit mag.

5.  Minum Teh: ini kegiatan yang seringkali kita lakukan ketika selesai makan. Padahal meminum teh setelah makan dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi dari makanan yang telah dikomsumsi. Jika ingin minum teh sebaiknya dilakukan satu jam setelah makan. Baca Juga: Lima Kesalahan Diet Yang Dapat Membuat Berat Badan Anda Tetap Gemuk

Subscribe to receive free email updates: