Mengapa Lampu Belakang Mobil Berwarna Merah?

Mungkin sebagian dari kita pernah bertanya mengapa lampu belakang mobil warnanya merah? Mengapa bukan warna cerah lainnya, seperti hijau, putih, ungu, biru atau bahkan warna kuning? Apakah karena warna merah melambangkan keberanian atau sebagai tanda bahaya dalam berkendara?
Pemilihan warna merah pada belakang mobil bukan tanpa sebab. Warna merah dipilih demi keselamatan manusia terutama saat berkendara pada malam hari. Pemilihan warna merah ini di dasarkan pada panjang gelombang .Dimana warna merah memiliki panjang gelombang  paling panjang diantara beberapa warna. Dimana panjang gelombang warna merah sekitar 620 – 750 nm.

Dengan panjang gelombang yang panjang, warna merah dapat dengan mudah ditangkap oleh panca indera (penglihatan) tanpa merasa terganggu. Sebagai perbandingan panjang gelombang warna ungu sekitar 380 – 450 nm, panjang gelombang warna biru 450-495 nm, panjang gelombang warna hijau 495-570 nm, panjang gelombang warna  kuning 570-590, dan panjang gelombang warna jingga 590-620 nm.
Warna Merah memiliki panjang gelombang yang panjang (Source: image )

Lalu, mengapa tidak memilih warna putih pada lampu belakang mobil? Padahal warna putih memiliki panjang gelombang lebih baik dari warna merah? Hal ini didasarkan pada sifat warna putih yang menyilaukan mata. Perlu diketahui mata manusia akan mengalami kebutaan sesaat (sekitar 3 detik), nah apabila lampu belakang mobil berwarna putih maka peluang untuk terjadinya kecelakaan semakin besar. Dikarenakan silauan yang dipancarkan oleh warna putih tadi.

Itulah sebabnya lampu belakang mobil selalu berwarna merah apapun jenis dan warna dasar mobil. Semoga artikel singkat ini dapat menjawab ‘mengapa lampu belakang mobil berwarna merah’. Amiin.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: