Cara Mudah Mengatasi Rasa Bosan Bekerja

Bagaimana caranya mengatasi bosan pada pekerjaan? Banyak dari kita merasa sangat bosan atau eneg pada rutinitas pekerjaan yang kita lakoni. Entah itu berasal dari kita sendiri maupun berasal dari luar diri kita.  sebenarnya, rasa bosan itu adalah fitrah manusia, tapi jika dibiarkan terus berkembang rasa bosan ini bisa berbuah kebencian yang dalam terhadap pekerjaan.
Lalu, bagaimana caranya agar kita tidak terjebak rasa bosan yang mendalam terhadap pekerjaan kita? Berikut cara mudah dan efektif dalam mengatasi kebosanan kerja:

1.   Cari penyebab rasa bosan: cara pertama dalam mengatasi rasa bosan adalah dengan bertanya pada diri sendiri, apa yang menyebabkan rasa bosan pada pekerjaan? Apakah karena pola kerjanya yang monoton? Apakah susana kerja yang tidak nyaman? Atau karena pendapat Anda tidak dihargai oleh atasan. Dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab rasa bosan kita dapat mempersiapkan langkah-langkah konkrit dalam mengatasi masalah rasa bosan kerja tersebut.

2.  Temukan apa yang menjadi kekuatan dan kelebihan diri sendiri,
3.  Kenali karakter diri sendiri, sehingga tahu pola kerja seperti apa yang cocok. Misalnya, jika seseorang yang senang bekerja di depan komputer, jangan jadi tenaga pemasar karena bisa stres berat.
4.  Setiap hendak bekerja, yakinkan pada diri sendiri bahwa pekerjaan ini cocok dengan karakter kita sendiri.
5.  Laksanakan pekerjaan rutin secara variatif
6.  Tumbuhkan proses kesadaran bahwa kita mencintai pekerjaan kita, sehingga sekecil apapun yang kita kerjakan pastilah memiliki makna buat tempat kita bekerja.

Itulah tadi enam cara membasmi rasa bosan ketika bekerja. Semoga artikel singkat ini dapat membangkitkan semangat bekerja kita semua. Amiin.

Subscribe to receive free email updates: