Tiga Makanan Yang Mengandung Antioksidan Tinggi Mencegah Penyakit Kanker

Radikal bebas merupakan senyawa yang diklaim sebagai penyebab timbulnya kanker. Dimana lingkungan yang terpolusi kerap kali dikaitkan dengan radikal bebas ini. Seperti diketahui radikal bebas sangat tidak stabil, sangat reaktif dan tentu saja merusak jaringan.
Bagaimana caranya agar kita terhindar dari paparan radikal bebas ini? Selain menghindari paparan polusi, kita juga dapat menghindarinya dengan memilih makanan yang kaya antioksidan. Mengapa harus memilih makanan yang kaya akan antioksidan? Karena menurut penelitian biomolekuler tingkat sel terbukti, antioksidan dapat melindungi jaringan tubuh dari efek negatif radikal bebas.

Berikut tiga makanan yang memiliki antioksidan tinggi yang diyakini dapat mencegah kanker:
1.   Biji Petai:
Walaupun terkenal dengan aroma yang tidak sedap, tapi mengenai kandungan gizinya jangan ragukan kehebatan sayuran ini. Selain kaya akan antioksidan tinggi, biji petai juga dikenal sebagai obat penyakit liver, odema, radang ginjal, diabetes dan sebagai peluruh kencing.
Tidak hanya bijinya saja yang berkhasiat, daunnya pun tidak kalah hebatnya. Khasiat daun petai adalah sebagai bahan obat sakit kuning.

2.  Takokak/Poka/Terong Pipit:
Tumbuhan satu ini merupakan bahan pangan yang memilki aktivitas pembersih superoksida yang tinggi, yakni diatas 70%. Selain itu, terong pipit ini memiliki senyawa sterol carpesterol sebagai antiradang.
3.  Daun muda jambu mete:
Selain memiliki antioksidan tinggi yang dapat mencegah kanker,tanaman ini juga dimanfaatkan sebagai ramuan obat tradisional sakit kulit, pembersih mulut dan sebagai pencahar.
Selain ketiga makanan diatas, antioksidan juga dapat diperoleh dari tanaman sumber vitamin A maupun vitamin C. Vitamin A diyakini dapat mengurangi resiko menderita kanker paru-paru. Dimana makanan yang mengandung vitamin A ini dapat ditemui pada sayuran dan buah-buahan berwarna merah atau kuning, seperti: pepaya dan wortel.

Sedangkan vitamin C digunakan tubuh sebagai antioksidan penting dalam melindungi sel-sel dan jaringan dari perusak superoksida dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang banyak mengandung vitamin C adalah jambu biji dan jeruk.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: