Ini Alasan Ayam Jantan Berkokok Dipagi Hari

Mengapa Ayam jantan berkokok pada pagi hari? Pertanyaan yang sederhana namun sukar untuk dijawab. Bagi Anda yang tinggal diperkotaan mungkin tidak akrab dengan suasana kokokan ayam ini. Tapi, bagi Anda yang masih tinggal dipedesaan hal ini bukanlah sesuatu yang langka, melainkan sesuatu rutinitas yang mungkin Anda dengar setiap harinya.
Sebelum menjawab pertanyaan di atas mengapa Ayam jantan berkokok dipagi hari? Marilah kita tengok kebiasaan Ayam berkokok. Perlu diketahui Ayam jantan tidak hanya berkokok di pagi hari, bisa saja siang hari atau bahkan dimalam hari!

Mengapa kokokan Ayam lebih sering terdengar dipagi hari? Dikarenakan pada pagi hari merupakan saat Ayam tersebut aktif setelah semalaman tertidur. Selain itu kokokan pada pagi hari biasanya sebagai penanda bahwa area yang dikokokinya adalah daerah yang dikuasainya.

Sedangkan pada siang dan malam hari biasanya kokokan hanya digunakan sebagai alat komunikasi seperti memanggil kelompoknya agar tetap berkumpul. Sama seperti halnya manusia yang menggunakan suaranya untuk mengkomunikasikan maksud hatinya kepada orang lain.
Jadi kokokan Ayam pada dasarnya tidak berhubungan dengan waktu. Kapanpun Ayam ingin berkokok ia akan berkokok. Kapanpun, ia ingin menengaskan area kekuasaannya ia akan berkokok. Begitupun juga dengan kokokan sebagai alat komunikasi, kapan pun ia ingin menggunakannya ia akan berkokok bahkan pada malam hari yang sunyi sepi.
Demikianlah penjabaran perihal mengapa Ayam jantan berkokok dipagi hari, semoga artikel singkat ini menambah pengetahuan kita semua. Amiin.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: