Daftar Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Tinggi Dan Karbohidrat Rendah

Salah satu penyebab tersering tingginya kadar gula darah pada seseorang adalah komsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat tinggi. Itulah sebabnya bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit yang belum bisa disembuhkan ini hindarilah makanan tinggi karbohodrat ini.
Lalu makanan apa saja yang mengandung tinggi karbohidrat dan makanan apa saja yang memiliki karbohidrat yang rendah? Berikut adalah pembagian nilai karbohidrat berdasarkan Indeks Glikemik (IG):
1.   Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi (lebih dari 70):
Makanan yang wajib Anda batasi jika ingin terhindar dari penyakit kencing manis atau diabetes, terlebih bagi penderita kencing manis(mesti dihindari). Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi: nasi putih, semangka, cornflake, donat, madu, bubble, es teh, dan minuman ringan.

2.  Makanan yang mengandung karbohidrat sedang (antara 56-69):
Ini merupakan jenis makanan yang bisa Anda pilih untuk dikomsumsi dalam menghindari kencing manis. Adapun makanan yang mengandung karbohidrat sedang adalah: mangga, pisang, pepaya, kentang panggang, roti, hamburger, es krim, mi, nasi merah, dan roti gandum.

3.  Makanan yang mengandung karbohidrat rendah (kurang dari 55):
Tapi jika Anda ingin menjalani hidup sehat dan terhindar dari penyakit diabetes melitus, Anda dapat mengkomsumsi makanan berikut ini setiap harinya. Adapun makanan yang mengandung karbohidrat rendah yang baik untuk tubuh adalah: gandum, buah-buahan, biji-bijian, sayur mayur, susu, yoghurt.
Itulah pembagian nilai karbohidrat berdasarkan Indeks Glikemik (IG). Semoga artikel singkat ini dapat menambah pengetahuan kita semua sehingga penyakit kencing manis atau diabetes dapat kita hindari. Aamiin.
Loading...

Subscribe to receive free email updates: