Tujuh Makanan Yang Baik Dikomsumsi Penderita Tuberkulosis

Bagaimana cara memerangi tuberkulosis (TBC)? Diet dan kebiasaan makanan memainkan peran yang sangat penting dalam memerangi tuberkulosis atau apa yang dikenal sebagai TB. Jadi pada kesempatan kita kai ini, kita  akan membahas diet yang ideal untuk melawan tuberkulosis.
Tuberkulosis umumnya disebabkan oleh bakteri yang disebut 'Mycobacterium tuberculosis' dan itu menular. Dimana penyakit ini menyebar melalui air liur dan batuk. Bagi mereka yang memiliki tingkat kekebalan yang kuat, mereka dapat melawan penyakit ini dengan cukup efisien. Tetapi bagi mereka dengan sistem kekebalan tubuh lemah hal ini akan menjadi sulit. Oleh karena itu memilih makanan yang bergizi dan makanan sehat sangatlah penting jika Anda menderita TBC.

Jika Anda memiliki kesulitan bernafas, nyeri dada, batuk terus-menerus, demam, sering berkeringat dingin dimalam hari tanpa melakukan aktifitas yang berat dan sering mengalami kelemahan, maka Anda perlu memeriksakan diri untuk pemeriksaan TBC.  Biasanya akan dilakukan sejumlah pemeriksaan, seperti: cek dahak dan foto rongsen. Jika positif maka Anda harus rutin meminum obat TBC setiap harinya, karena jika tidak diobati, TBC akan berakibat fatal untuk tubuh Anda. Berikut adalah beberapa makanan yang perlu dimasukkan dalam makanan sehari-hari pasien tuberkulosis:
Makanan untuk pasien TBC yang pertama:
Buah: Buah kaya akan nutrisi dan juga kaya serat. Dimana buah ini harus dikomsumsi penderita TBC  setidaknya sebanyak satu mangkuk ukuran sedang buah-buahan setiap harinya.

Makanan untuk pasien TBC yang kedua:
Sayuran: Sayuran, sayuran hijau terutama gelap seperti bayam  kaya akan kandungan zat besi dan vitamin B. Semangkuk sayuran segar adalah porsi yang harus Anda komsumsi setiap harinya untuk mereka yang menderita TBC.
Makanan untuk pasien TBC yang ketiga:
Susu rendah lemak: Dalam rangka memenuhi protein dan lemak yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melawan penyakit, maka Anda wajib meminum susu rendah lemak dan produk susu dalam diet harian Anda.
Makanan untuk pasien TBC yang keempat:
Ikan: Ikan merupakan salah satu makanan yang paling penting yang berisi protein dan vitamin B kompleks. Mereka yang menderita TB harus mengkonsumsi ikan karena membantu dalam melawan penyakit tersebut.
Makanan untuk pasien TBC yang kelima:
Kacang: Kacang-kacangan mengandung lemak baik dan juga kaya vitamin E. Untuk mereka yang menderita TBC adalah penting untuk menambahkan segenggam kacang setiap hari untuk diet sehari-hari.
Makanan untuk pasien TBC yang keenam:
Minyak Zaitun: Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan. Untuk itulah minyak zaitun baik untuk dikomsumsi oleh penderita TBC.
Makanan untuk pasien TBC yang ketujuh:

Wortel: Kaya anti-oksidan, serat, vitamin, beta-karoten dan nutrisi penting lainnya, wortel merupakan salah satu item makanan penting yang membantu dalam memerangi tuberkulosis secara efektif. Wortel dapat dikonsumsi mentah atau ditambahkan pada sup dan kari. Baca Juga: Fakta Mengejutkan Dari TBC Yang Mungkin Anda Tidak Ketahui
Loading...

Subscribe to receive free email updates: