Anda Kesepian? Ini 5 Kebiasaan Baik Untuk Melawan Rasa Kesepian!


Didalam keramaian aku masih merasa sepi, sendiri memikirkan kamu... itulah penggalan lirik lagu Dewa 19 berjudul kosong. Coba perhatikan bagian yang di Bold di atas. Apakah Anda sering merasa sepi padahal tidak sendirian? Jika sesekali Anda merasakannya itu tidak menjadi masalah, yang menjadi masalah jika Anda sering mengalami hal di atas.
Fakta mengungkapkan bahwa kesepian memiliki efek negatif terhadap seseorang, seperti: mudah menarik diri, menjadi dingin pada orang lain, kesepian lebih buruk dari pada obesitas, mengganggu sistem kekebalan tubuh seseorang, dimensia, resiko terkena penyakit jantung, bahkan bisa berefek meningkatkan risiko kematian sebanyak 29%.
Untuk itu sebaiknya kesepian yang berlarut-larut harus dicarikan solusi terbaiknya. Salah satunya adalah dengan melakukan kebiasaan baik. Berikut adalah beberapa kebiasaan baik yang dapat melawan kesepian:

1.  Biasakan diri memperhatikan orang lain:
Untuk mengusir kesepian salah satu kebiasaan baik yang dapat dilakukan adalah dengan memperhatikan orang lain. Memperhatikan di sini adalah berkonotasi positif, seperti menawarkan bantuan atau pertolongan kepada orang lain. Dimana dengan menolong atau membantu orang lain, secara tidak langsung akan menciptakan perasaan terhubung dengan orang lain dan dapat menguatkan diri sendiri bahwa kita berguna bagi orang lain.
2. Biasakan memiliki kualitas tidur yang baik:
Pengaruh tidur memang bisa berdampak pada kesepian. Kualitas tidur yang buruk dapat mempengaruhi mood atau perasaan seseorang. Seseorang akan mudah untuk marah yang dapat membuatnya tambah merasa kesepian karena ditinggalkan orang lain.

3. Biasakan terbuka pada orang lain:
Anda pasti bisa mengerti mengapa terbuka pada orang lain menghindarkan dari kesepian. Tapi, terbuka di sini bukan berarti kita menceritakan semua kisah tentang diri kita sendiri. Melainkan terbuka disini menerima segala perbedaan, keunikan, dan potensi yang dimiliki orang lain. Dimana setiap individu itu unik dengan pemikirannya masing-masing.
4. Biasakan diri terhubung dengan orang lain:
Jika di rumah Anda tetap dapat terhubung dengan orang lain dengan bersilaturahmi dengan tetangga rumah Anda atau Anda dapat mengunjungi keluarga terdekat. Bila di kantor, Anda dapat mengobrol santai dengan pegawai yang ada di kantor. Sehingga perasaan kesepian memudah bahkan menghilang.
5. Biasakan bertanya pada diri sendiri:
Biasakan bertanya pada diri sendiri: ‘Apa yang kurang dari hidupku?’ Dimana banyak dari kita tidak menyadari apa yang hilang atau kurang dari hidup kita. Dengan memahami hal tersebut, kita bisa menangkal kesepian. Dimana dalam kehidupan pasti ada saja hal yang tidak sempurna dikehidupan kita. Tetapi hal tersebut seharusnya tidak menjadikan kita terpuruk. Baca Juga: Apakah Dimensia Dan Pelupa Sama? Inilah Lima Perbedaan Antara Dimensia Dan Pelupa!
Loading...

Subscribe to receive free email updates: