Kupas Tuntas Penyakit Gagal Ginjal: Penyebab, Tanda Dan Gejala, Mengetahui Terkena Penyakit Ginjal, Dan Pencegahan Terbaik Dari Penyakit Gagal Ginjal!


Kupas Tuntas Penyakit Gagal Ginjal – Apa penyebab gagal ginjal? Bagaimana mengetahui kalau kita terkena penyakit ginjal? Apa tanda dan gejala penyakit ginjal? Bagaimana merawat ginjal agar tidak terkena penyakit gagal ginjal? Itulah beberapa pertanyaan seputar penyakit mematikan, gagal ginjal!
Untuk menjawab pertanyaan di atas, berikut adalah Kupas Tuntas Penyakit Ginjal:

1.  Penyebab Penyakit Ginjal:
Ada banyak faktor penyebab timbulnya penyakit ginjal, seperti: adanya infeksi ginjal berulang, batu ginjal, prostat, tumor maupun kanker ginjal, komplikasi dari tekanan darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes melitus), komplikasi kehamilan, luka trauma pada ginjal, dan bisa juga dari efek samping obat dan jamu.
2. Tanda Dan Gejala Penyakit Ginjal:
Adapun tanda dan gejala penyakit ginjal adalah: Penyakit ginjal pada tahap awal nyaris tanpa keluhan dan gejala. Mungkin diawal hanya berupa keluhan lesu, lemah, kurang nafsu makan hampir sama dengan ciri penyakit pada umumnya. Pada tahap lanjut akan muncul keluhan jarang buang air kecil atau kebiasan kemih yang berubah, volume urine yang berkurang, urine tampak berbusa, bisa juga ditemukan urine berubah warna, dan demam.
Perlu diingat penyakit ginjal ini nyaris tidak spesifik, sehingga banyak penderita tidak sadar terkena penyakit satu ini!

3. Cara Mengetahui Terkena Penyakit Ginjal:
Sebenarnya tidak sulit untuk mengetahui apakah fungsi ginjal kita menurun atau tidak. Kita bisa melakukan pemeriksaan darah yang bernama: Ureum dan Kreatin. Dari kedua pemeriksaan ini kita bisa mengetahui apakah fungsi ginjal kita menurun atau tidak.
Jika kadar ureum kita lebih dari 40 mg/dl, dan creatinin kita lebih dari 1,0 itu tandanya kita harus waspada. Kita harus cepat melacak apa penyebab sehingga fungsi ginjal kita menurun? Apakah ada penyakit yang mendasarinya, seperti: diabetes, hipertensi, atau asam urat tinggi untuk waktu yang lama.
Biasanya jika hasil ureum dan creatinin kita kurang baik, akan dilakukan serangkaian pemeriksaan tambahan, seperti: pemeriksaan urine, foto rontgen, USG sampai MRI jika diperlukan.
Mengapa kita perlu tahu penyakit yang mendasari timbulnya penyakit ginjal? Dengan mengetahui penyebab menurunnya fungsi ginjal dan menyembuhkan penyakit di belakangnya, ginjal tidak terlanjur bertambah rusak, dan masih bisa diselamatkan sekiranya belum sampai pada titik gagal ginjal.
4. Pencegahan Penyakit Ginjal:
Agar ginjal kita selalu sehat, rutinlah minum air putih minimal 7-8 gelas sehari. Tidak boleh kurang, tidak pula boleh berlebihan. Dimana dalam sehari ginjal mampu menyaring tak kurang dari 170 liter darah dan memproduksi 1-2 liter urine.
Selain itu hindari pemakaian obat dan produk jamu yang tidak jelas, terapkan pola hidup sehat dengan berolahraga secara teratur, makan-makanan yang sehat (hindari makanan yang mengandung oksalat, seperti: cokelat, olahan kedelai, seledri, gandum, kacang-kacangan. Hindari juga protein hewani, seperti: daging sapi dan ayam yang bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal), batasi komsumsi garam, kendalikan penyakit gula dan tekanan darah tinggi, dan rutin memeriksakan diri ke dokter. Baca Juga: Mengapa Pasien Tuberkulosis Paru (TBC) Berkeringat Di Malam Hari?
Loading...

Subscribe to receive free email updates: